19 Tempat Wisata di Bireun Terlengkap dan Terupdate

Bireun merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Meskipun Bireun belum terkenal seperti kabupaten lainnya di Aceh, namun kabupaten Bireun memiliki keindahan alam yang mempesona. Keindahan alam tersebut dapat Anda jumpai saat mengunjungi Tempat Wisata di Bireun.

Selain memiliki keindahan alam, Bireun menawarkan pesona budaya hingga keramahan penduduk yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun Ceuraceu

Objek wisata air ini berlokasi di Desa Samagadeng, Pandrah, Bireun yang berjarak sekitar 8 KM dari pusat kota Bireun. Tidak berbeda dengan Wisata Alam di Bireun lainnya, air terjun Ceuraceu menawarkan keindahan alam dan keasrian yang menyejukan. Anda akan disuguhkan suara gemericik air terjun yang berjatuhan di tebing dan bermain air dibawah air terjun serta kolam yang akan memberikan sensasi segar dan sejuk.

Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet Baroh

Salah satu Tempat Wisata di Bireun yang menyuguhkan keindahan dan panorama alam yang memukau adalah pantai Peuneulet Baroh. Tidak heran jika tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bireun. Air Laut yang jernih berwarna biru dan pasir pantai yang mempesona akan menyambut Anda. Bahkan, ombak yang cukup besar dapat membuat pantai Peuneulet Baroh dijadikan sebagai tempat surfing.

Jika ingin menyaksikan keindahan pantai secara langsung, maka datang ke Desa Peuneulet Baroh, Kecamatan Simpang Mamplam atau sekitar 38 KM dari pusat kota Bireun.

Pantai Krueng Juli dan Ujong Blang

Keindahan pantai yang berada di Desa Krueng Juli dan Ujong Blang ini sesuai dengan nama desa dimana objek wisata ini berada. Pantai ini akan menyuguhkan garis pantai yang cukup panjang dan membentang luas. Keindahan tersebut akan semakin sempurna dengan deburan ombak yang datang. Selain itu, pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup membuat Anda nyaman sehingga berkunjung ke pantai Krueng Juli dan Ujong Blang semakin berkesan.

Pantai Kuala Raja

Pantai Kuala Raja
Pantai Kuala Raja

Tempat Wisata di Kabupaten Bireun ini menawarkan keindahan dengan panorama alam yang eksotis. Pesona pantai akan semakin memukau dengan hadirnya beberapa pulau kecil yang terletak di muara sungai. Jika Anda ingin mencapai pantai Kuala Raja dari kota Bireun, maka jarak yang ditempuh sekitar 5 KM dengan menggunakan kendaraan umum.

Selain keindahan panorama alam, pantai Kuala Raja juga menyuguhkan keindahan beberapa penyu yang bertelur pada malam hari. Keunikan ini yang menjadikan pantai Kuala Raja semakin banyak dikunjungi para wisatawan.

Pantai Jangka

Pantai Jangka
Pantai Jangka

Pantai Jangka cukup ramai dikunjungi para wisatawan terutama pada hari libur. Pantai ini berada di Desa Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireun. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan laut yang indah, namun pantai Jangka juga menghadirkan beberapa pepohonan pinus yang terletak disekitar pantai sehingga menciptakan nuansa sejuk.

Pasir pantai yang landai dan hembusan angin menjadikan suasana di pantai Jangka semakin nyaman. Bahkan, di sekitar pantai Jangka Anda akan menemukan beberapa pedagang air kelapa muda, rujak Aceh, hingga jenis jajanan lainnya. Untuk menikmati keindahan pantai Jangka, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar lima ribu rupiah.

Pantai Laot Lapang

Pantai Laot Lapang

Bireun tidak ada habisnya menyuguhkan wisata bahari, salah satunya pantai Laot Lapang. Pantai ini terletak di Desa Lingka, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireun, Aceh. Akses menuju pantai Laot Lapang cukup mudah dan saat berada di pantai ini, Anda akan disambut deburan ombak yang membentang luas serta pemandangan pepohonan di tepi pantai. Selain itu, terdapat beberapa batuan yang terletak di dekat pantai yang akan memberikan keindahan untuk Anda.

Pantai Reuleng Manyang

Pantai Reuleng Manyang

Pantai Reuleng Manyang terletak di Kecamatan Pandrah yang tidak kalah indah dari pesona pantai lainnya di Bireun. Uniknya, di sekitar pantai tidak memiliki banyak pasir pantai, namun beberapa tebing dan bebatuan menambah kesan eksotis pantai Reuleng Manyang.

Bahkan, air laut berwarna hijau dengan ombak yang memecah tebing pantai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Untuk menuju pantai Reuleng Manyang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi sebab akses jalan yang dilalui cukup mudah.

Pantai Calok Samalanga dan Mamplam

Pantai Calok Samalanga dan Mamplam

Pantai Calok Samalanga dan Mamplam berlokasi di kawasan satuan Radar AURI sehingga pantai ini cukup tertutup. Meskipun demikian, tempat wisata ini menawarkan berbagai aktivitas, seperti memancing, berenang, snorkeling, dan diving.

Hamparan pantai yang membentang luas dengan perpaduan bebatuan dan perbukitan membuat tempat wisata ini sangat mempesona. Jika Anda ingin menyusuri pantai, Anda dapat menyewa perahu nelayan yang sudah disediakan di sisi pantai. Bahkan, saat berada di tengah pantai, Anda akan disuguhi keindahan terumbu karang yang menjadi habitat bagi ikan-ikan kecil.

Ulee Kareung

Ulee Kareung

Objek Wisata di Biruen ini merupakan sebuah Desa yang terletak dipinggir pantai. Keindahan pantai yang masih tersembunyi akan membuat Anda penasaran untuk mengunjungi Ulee Kareung. Pantai ini memiliki pemandangan yang masih alami dan hamparan pantai dihiasi oleh ombak-ombak bergulung.

Biasanya para nelayan terlihat hilir mudik dan Anda dapat menikmati waktu santai serta bermain air di Ulee Karaung. Pada sore hari, pemandangan di Ulee Kareung semakin eksotis, sebab di Ulee Kareung menawarkan pemandangan matahari terbenam. Selain itu, Anda pun dapat menikmati hidangan kopi Aceh yang tersedia di kedai kopi di sekitar pantai Ulee Kareung.

Pemandian Batee Iliek

Pemandian Batee Iliek
Pemandian Batee Iliek

Selain wisata pantai, Tempat Wisata di Bireun Aceh juga menghadirkan wisata pemandian yang wajib untuk dikunjungi. Wisata pemandian Batee Iliek ini menawarkan alam yang asri dan suasana yang indah. Pemandian Batee Iliek dihiasi beberapa bebatuan dengan ukuran beragam dan pemandangan alam hijau akan memberikan nuansa yang sejuk.

Air Terjun Le Rhop

Tempat Wisata di Bireun ini dikenal sebagai air terjun bertingkat dengan suasana yang sejuk dan panorama alam yang indah. Air terjun Le Rhop berada di Desa Le Rhop, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun, Aceh. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda harus melalui trekking kurang lebih 2 jam dengan berjalan kaki.

Perpaduan derasnya air terjun Le Rhop dengan panorama alam sekitar yang hijau mampu menciptakan kenyamanan dan ketenangan bagi para pengunjung.

Air Terjun Samalanga

Air Terjun Samalanga
Air Terjun Samalanga

Lokasi wisata air ini berada di Desa Alue, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun, Aceh. Air terjun Samalanga merupakan salah satu destinasi wisata air pilihan bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang asri dan sejuk. Meskipun keberadaan wisata air terjun ini cukup tersembunyi, namun air terjun Samalangan menawarkan pesona yang indah.

Akan tetapi, untuk mencapai tempat wisata ini Anda akan melalui jalan hutan berbukit dan memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Air terjun ini memiliki pemandangan bebatuan yang unik, salah satunya bebatuan berbentuk seperti piramida. Bahkan, Anda dapat berenang di kolam pemandian di bawah air terjun.

Krueng Simpo

Krueng Simpo
Krueng Simpo

Krueng Simpo atau yang dikenal dengan sungai Simpo merupakan salah satu tempat wisata pilihan untuk bersantai pada akhir pekan atau hari libur. Sungai Simpo memiliki pemandangan alam sekitar yang hijau dan sejuk. Bahkan, Anda dapat bermain air maupun berenang di sungai Simpo yang menyuguhkan hiasan bebatuan sehingga pilihan tepat bagi Anda yang ingin melepas penat dan stress. Fasilitas yang disediakan cukup memadai, mulai dari toilet, kamar mandi, pedagang makanan maupun minuman.

Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah

Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah

Salah satu Tempat Wisata di Bireun yang bernilai sejarah, yaitu Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah. Objek wisata sejarah ini merupakan warisan dari Tengku Chik Abdurrahim atau seorang ulama terkenal di kawasan Bireun. Rumah ini diperkirakan sudah berusia mencapai 500 tahun dan menyimpan sejarah di abad ke-13.

Rumoh Teungku Chik di Awe Geutah menawarkan keunikan yang dapat dilihat dari segi ukiran unik dan terdapat beberapa barang yang cukup antik. Saat memasuki area rumah ini, Anda akan merasakan nuansa ke jaman ratusan lalu.

Cot Panglima

Cot Panglima
Cot Panglima

Cot Panglima atau puncak Pangliam merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Juli atau terletak di KM 29 Jalan Bireun – Takengon. Biasanya, tempat ini dijadikan sebagai lokasi peristirahatan para pengguna jalan. Dari atas puncak, Anda akan melihat pemandangan yang memukau dan udara yang sejuk. Sayangnya, dikawasan ini sedikit mengalami perubahan sebab adanya pelebaran jalan yang dilakukan oleh pemerintah.

Taman Belangi

Taman Belangi

Taman Belangi merupakan destinasi wisata terbaru di Kabupaten Bireun. Taman ini dihiasi oleh ribuan kincir angin berwarna-warni, sehingga mampu menciptakan nuansa yang menyenangkan. Tempat Wisata di Bireun ini tepatnya berada di Gampong Matang Kumbang, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireun.

Awalnya merupakan area lahan kebun yang disulap menjadi tangan berkat pemuda setempat untuk dijadikan salah satu objek wisata baru di Bireun. Taman Belangi sering dimanfaatkan para pengunjung untuk mengambil foto maupun tempat bersantai.

Pante Karya

Objek wisata ini merupakan gampong di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, tepatnya disebelah selatan Bireun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bener Meriah. Pante Karya menawarkan keindahan, terutama pada bagian sungai.

Air di Pante Karya sangat jernih ditambah beberapa bebatuan ditepi, sehingga sangat tepat untuk Anda yang ingin bermain air. Sayangnya, Pante Karya belum banyak diketahui sebagai objek wisata, sehingga fasilitas umum yang disediakan masih minim. Namun, Panta Karya wajib dikunjungi, sebab memiliki suasana yang cukup menenangkan.

Paya Jagad

Paya Jagad

Paya Jagad adalah sebuah payau buatan yang dibuat dari puluhan tahun lalu. Waduk ini berada di Gampong Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa ini digunakan sebagai tempat penampungan air yang berfungsi untuk mengairi sawah penduduk. Memiliki lokasi yang indah membuat Paya Jagad dijadikan Tempat Wisata di Bireun.

Saat ini, debit air payau di Paya Jagad cukup sedikit dan sebagian besar permukaan Paya Jagad dipenuhi tumbuhan eceng gondok. Dari kejauhan, tampak barisan bukit terbentang luas dan jejeran pohon kelapa menambah keindahan panorama di sekitar waduk.

Makam Syuhada Lapan

Makam Syuhada Lapan
Makam Syuhada Palabras

Makam ini berada di Cot Batee Geulungku, Kecamatan Simpang Mamplam atau kurang lebih sekitar 30KM sebelah barat di kota Bireun yang terletak di sisi jalan Medan – Banda Aceh. Makam Syuhada Lapan ini merupakan tempat peristirahatan dari delapan orang syuhada yang syahid pada waktu perang dengan pasukan Belanda. Menurut beberapa kabar, di makam Syuhada Lapan masyarakat dapat meminta berkat dan karomah.

You May Also Like

About the Author: Erik Thoir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *