Syarat dan Ketentuan Pinjaman Modal Jaminan Sertifikat Tanah

Memiliki usaha sendiri adalah salah satu hal yang diinginkan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Apabila anda memiliki keahlian khusus, maka anda bisa dengan mudah untuk menciptakan usaha sendiri. Akan tetapi, untuk membuka peluang usaha sendiri biasanya banyak orang yang menjumpai kendala. Salah satunya yaitu masalah kesiapan dana untuk modal awal. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang memilih mengajukan pinjaman untuk mendapatkan modal. Salah satu jenis pinjaman yang banyak dilakukan sebagian besar pemilik usaha yaitu mengajukan pinjaman modal jaminan sertifikat tanah.

cermati.com

Program penggadaian sertifikat tanah ini memang menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat. Terutama untuk golongan terbawah untuk bisa memperoleh modal usaha. Maka dari itu, salah satu syarat yang digunakan untuk pengajuan gadai tanah ini yaitu tanah produktif. Tujuannya tak lain untuk menghindari pelelangan tanah pada waktu pegadai tak bisa menebus tanahnya lagi. Pinjaman yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan pihak yang menggadaikan dan tidak sesuai dengan nilai tanah.

Syarat Pinjaman Modal Jaminan Sertifikat Tanah

Lembaga keuangan seperti bank memang memiliki peranan yang sangat penting untuk sebagian besar masyarakat. Sebab, bak ini memang berfungsi untuk simpan-pinjam uang. Walaupun demikian, bank di Indonesia ini memiliki syarat dan juga ketentuan tersendiri supaya pihak dari bank bisa setuju dengan pinjaman tersebut. Untuk syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman modal dengan jaminan sertifikat tanah adalah seperti berikut ini.

1. Fotokopi KTP

Persyaratan paling utama untuk melakukan peminjaman dana atau modal pada bank yaitu dengan kartu identitas diri seperti. Apabila peminjam telah menikah, fotokopi KTP suami dan fotokopi KTP istri bisa disertakan. Tak hanya KTP, anda semuanya juga dapat melengkapi kartu identitas lain seperti KK (Kartu Keluarga), Surat Nikah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Buku Tabungan

Adanya syarat ini untuk memudahkan bank dalam mengetahui tingkat finansial dari pihak peminjam. Peluang peminjam bisa mendapatkan pinjaman dari bank atau tidak juga bisa dilihat dari sini. Pihak peminjam terkadang dianjurkan untuk melampirkan fotokopi buku tabungan dalam waktu 3 bulan terakhir.

3. Siapkan juga Kartu NPWP

Tak hanya dokumen indentitas diri, pihak bank biasanya juga akan meminta anda supaya melengkapi kartu NPWP. Sertakan fotokopi kartu NPWP anda dan juga kartu NPWP yang asli untuk dijadikan cadangannya.

4. Pilih Bank Yang Tepat

Untuk mengajukan pinjaman modal jaminan sertifikat tanah sebaiknya anda pilih bank yang tepat. Sebab, sangat berpengaruh dengan cepat atau lambatnya pinjaman anda dapat cair. Carilah bank yang professional serta terbukti berkualitas. Kemudian, pilihlah pihak bank yang memiliki bunga yang ringan, supaya dalam membuka suatu usaha ada tidak terbebani.

5. Surat Jaminan

Syarat selajutnya yaitu kelengkapan surat jaminan yang akan anda ajukan kepada bank. Pertimbagkan juga nominal, sebaiknya nominal tersebut juga sebanding dengan sertifikat jaminan pinjaman anda. Sebab, persyaratan harta yang anda jadikan sebagai jaminan yaitu hartanya sesuai dengan nominal yang hendak anda pinjam. Sehingga, jaminannya tidak bisa lebih rendah jika dibandingkan dengan nominal yang bisa anda peroleh.

Akan tetapi, apabila harta yang akan dijadikan jaminan memiliki nilai yang lebih rendah dari nominal yang hendak anda pinjam juga tetap masih bisa. Untuk persyaratannya yaitu, anda semuanya dapat menambahkan harta lain untuk dijadikan jaminannya. Contohnya saja ditambah lagi dengan jaminan sertifikat rumah, pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan, atau harta lain yang memiliki nominal besar lainnya.

Tips Agar Pinjaman Anda Disetujui

Sebagai pihak yang membutuhkan pinjaman, maka anda semuanya juga harus memperhatikan hal-hal yang bisa untuk mempermudah anda di dalam pencairan. Dengan begitu, pengajuan pinjaman anda akan diterima.

  • Jujur

Agar pengajuan pinjaman anda diterima, sebaiknya anda harus mengatakan dengan sebenarnya tujuan dari peminjaman uang anda kepada lembaga yang telah anda pilih. Ini sagat menentuka alasan diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman anda.

  • Mengajukan Pinjaman Dibawah Nilai Jaminan

Tips berikutnya yaitu dengan anda ajukan pinjaman dana yang nilainya dibawah sertifikat tanah yang anda pakai untuk jaminan. Apabila anda mengajukan pinjaman diatas itu, maka sangat besar kemungkinan jika pengajuan pinjaman anda aka ditolak oleh pihak peminjam.

  • Pendapatan Bulanan

Pendapatan juga termasuk salah satu hal yang harus diperhitungkan di dalam mengukur kemampuan anda untuk mengembalikan pinjaman itu. Maka dari itu, sebelum anda semuanya mengajukan pinjaman, sebelumnya anda semua harus bisa menyesuaikannya dengan pendapatan yang anda terima dalam setiap bulan.

Berbagai macam hal ini harus anda perhatikan dengan sungguh-sungguh sebelum melakukan pinjaman modal jaminan sertifikat tanah. Dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang ada maka besar kemungkinan pengajuan pinjama anda akan diterima dan bisa segera anda gunakan.

You May Also Like

About the Author: mastercuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *