Peluang Usaha Warung Wifi

Di era modern seperti sekarang ini penggunaan internet hampir tidak bisa terlepas dari sendi kehidupan masyarakat. Tersajinya beragam informasi, gaya hidup, bahkan pekerjaan pun dalam dunia maya meyebabkan internet telah menjadi bagian penting dari hidup seseorang. Hal inilah yang mendasari peluang usaha warung wifi sangatlah menjajikan. Warung wifi bukan hanya warung kosong yang hanya meyediakan koneksi internet, melainkan dapat pula anada buat dengan warung makana, minuman, seperti kopi atau jenis menu kekinian lainnya yang digemari oleh masyarakat dan tentunya dengan cita rasa yang enak serta harga yang bersahabat.

Peluang Usaha Warung Wifi
sumber : youtube.com

Contoh rincian modal awal

Biaya operasional

Biaya terdiri dari biaya tetap dan biaya tidak tetap/variabel. Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap dan tidak berubah-ubah, contohnya biaya sewa tempat dan biaya untuk membeli alat-alat produksi. Sedangkan biaya variabel/biaya tidak tetap adalah  adalah biaya yang berubah-ubah. Contohnya biaya untuk membeli bahan-bahan produksi dan upah pekerja.

No.Jenis biayaHarga
1.Biaya tetap
Sewa tempat/bulanRp.  1.000.000
Alat dan perlengkapan memasakRp.  1.800.000
Meja dan kursiRp.  2.000.000
2.Biaya variabel/ tidak tetap
Bahan baku menuRp.  3.000.000
Bahan tidak tetap lainnyaRp.      500.000
Upah karyawan (2 orang)/bulanRp.   1.800.000
Biaya listrik, air, kebersihan/bulanRp       250.000
Biaya internet/bulanRp       280.000
 TotalRp. 10.630.000

Pendapatan per bulan

Setiap bulannya terjual @550 porsi makan [email protected] 550 * Rp 20.000= Rp  11.000.000

Serta minuman @600 porsi minuman= @600 * Rp 8.000 = Rp 4.800.000

Sehingga setiap bulannya warung wifi meperoleh pendapatan sebesar =Rp 15.800.000

NB: warung kopi tidak mendapatkan pemasukan karena menggunakan tipe free wifi.

Keuntungan

Cara menghitung keuntungan/laba yaitu:

Laba = Total pendapatan – Total biaya

= Rp. 15.800.000 – Rp. 10.630.000 = Rp. 5.170.000

Analisis SWOT

  1. Strength (kekuatan) : Memiliki daya tarik tersendiri karena selain menu yang disajikan warung kekinian dan digemari oleh masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa juga karena tersajinya free wifi
  2. Weakness (kelemahan): Biaya penggunaan free wifi lumayan tinggi karena tidak mendapat pemasukan dari pembeli
  3. Opportunity (peluang): Pelajar dan mahasiswa sebagai target utama warung wifi free wifi tidak dapat terlepas dari penggunaan internet ditambah lagi dengan penggunaan free wifi semakin menarik minat mereka
  4. Threats (ancaman): Persaingan yang semakin ketat baik dari sesama warung pengguna free wifi maupun dari warung dengan tipe internet lainnnya.

Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal usaha 

Menentikan jenis teknik penggunaan wifi

Dalam memulai bisnis warung wifi, anda harus terlebih dahulu menentukan teknik penggunaan wifi yang bagaimana yang akan anda terapkan, teknik penggunaan wifi ada tiga macam:

  • Free wifi

Tipe wifi ini sangat digemari oleh pelajar dan mahasiswa. Karena mereka tidak perlu membeli produk dari warung anda untuk dapat menikmati koneksi internet, karena internet dengan tipe ini sepenuhnya gratis.

  • Commercial wifi

Pada tipe ini pelanggan hanya perlu membayar produk yang mereka pesan di awal seperti memesan minuman atau makanan, dan pada saat itu pula mereka  akan mendapatkan password wifi tersebut.

  • Premium wifi

Tipe ini diperuntukan untuk kelas atas di mana para pelanggan rela membayar biaya internet demi mendapatkan koneksi internet dengan suasana yang nyaman,

Untuk menghemat pengeluaran berlangganan internetnya, carilah provider yang menawarkan jasa per bulannya paling murah dengan koneksi terbaik.

Lokasi usaha

Lokasi usaha warung wifi sebaiknya disesuaikan dengan tipe teknink penggunaan wifi. Contohnya jika anda menggunakan teknik penggunaan free wifi sasarannya adalah pelajar dan mahasiswa, sehingga lokasi usaha sebaiknya di lingkungan sekolah atau universitas. Dan untuk hemat modal, juga harus mencari yang memiliki harga sewa tempat yang murah.

You May Also Like

About the Author: indragaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *