Peluang Usaha Warung Sayuran

Sayuran adalah makanan sehat yang harus anda konsumsi setiap harinya dengan itu maka anda sudah menjaga pola hidup sehat. Semakin lama permintaan akan sayuran semakin meningkat sehingga membuat peluang untuk usaha warung sayuran diminati banyak orang.

peluang usaha warung sayuran
sumber : youtube.com

Rincian Modal Awal 

Sebagai pemula tentu saja yang harus di ketahui adalah modal awal apa saya yang di butuhkan jika memiliki usah warung sayur sayuran, selain itu juga biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh anda per bulannya.

Tentu saja sebagai gambaran dan referensi untuk anda berikut ini adalah biaya modal awal untuk membeli barang inventasi dan juga biaya untuk operasional usaha warung sayur sayuran yang harus dikeluarkan per bulan.

NoBiaya untuk membeli barang inventasiHarga
1KulkasRp 1.200.000
2Barang penunjang lainnyaRp 500.000
 TotalRp 1.700.000

 

NoBiaya operasional yang harus dikeluarkan per bulanHarga
1Bahan bakuRp 5.800.000
2Listrik dan airRp 150.000
3TransportasiRp 200.000
4Lain-lainRp 350.000
 TotalRp 6.500.000

Perhitungan Keuntungan

Usaha sayur sayuran adalah jenis usaha yang penghasilan perharinya tidak menentu dan juga produk yang dijual memiliki harga yang bervariasi. Maka dari itu jika kita asumsikan rata-rata penghasil perhari anda mencapai Rp 300.000.

Maka jika dikalikan menjadi satu bulan atau 30 hari pendapatan yang anda dapatkan Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.900.000. setelah pendapatan kotor sudah diketahui maka untuk menghitung keuntungan adalah mengurangi jumlah pendapatan kotor perbulan dengan biaya yang harus anda keluarkan per bulan = Rp 9.000.00 – Rp 6.500.000 =  Rp 2.500.000.

Analisa SWOT usaha warung sayur sayuran

Setiap usaha berbagai bidang apapun tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing, juga ancaman dan peluangnya. Untuk itu biasanya di dunia usaha dikenal dengan istilah SWOT.

Hal ini pun tentunya berlaku untuk usaha warung sayur sayuran, untuk anda yang ingin memulai usaha warung sayur sayuran berikut ini yang harus anda ketahui sebelum memulai bisnis ini.

  • Strength ( kekuatan ) : Di Indonesia yang memiliki tanah yang subur, sehingga dapat dengan mudah untuk menanam sayuran. Sehingga sayuran mudah di dapat, selain itu keuntungan selanjutnya adalah sayuran tidak memiliki bahan pengawet maupun  bahan kimia maka tidak perlu khawatir karena sayuran yang dijual menyehatkan.
  • Weakness ( Kelemahan ) : Usaha warung sayur sayuran merupakan usaha yang sulit untuk dapat berkembang hingga membuka cabang baru, walaupun hal terserah tidak menutup kemungkinan bahwa usaha warung sayur sayuran anda akan dapat memiliki cabang lain.
  • Opportunities ( peluang ) :  Semakin lama permintaan akan sayuran semakin banyak hal ini terjadi karena masyarakat yang mulai peduli tentang kesehatan dan ingin menjaga pola hidup sehat, selain itu biasanya ibu rumah tangga akan memerlukan sayuran hampir setiap harinya untuk menu makanan untuk keluarga dirumah.
  • Threats ( ancaman ) : Anda beberapa ancaman yang nanti menjadi tantangan bagi anda  yang ingin memulai usaha warung sayur sayuran, yakni munculnya pesaing baru yang tentu saja menjadi ancaman utama untuk anda, selain itu ancaman lainnya adalah bahan baku atau harga sayur sayuran tidak stabil hal ini tentu saja di khawatirkan jika harga sendang naik, lalu ancaman berikut adalah bahan sayuran yang tidak terdapat pengawet ini tentu saja menyebabkan sayuran cepat layu.

Tips untuk menghemat modal awal usaha

Tempat berjualan : Agar anda dapat menghemat modal awal, pemilihan tempat pun dapat menghemat modal. Anda dapat meletakkan usaha warung sayur sayuran di depan rumah anda.

Modal awal : Modal awal tentu saja anda membutuhkan sayur sayuran, namun untuk menghemat modal awal usaha warung sayur sayuran, anda sebaiknya membeli sayuran pada petani sayuran langsung karena biasanya harga yang ditawarkan lebih murah

You May Also Like

About the Author: indragaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *