Peluang Usaha Vulkanisir Ban

Tahukan anda ? Semakin bertambahnya jaman ini  perkembangan teknologi pun semakin meningkat tak hanya itu usaha vulkanisir ban juga termasuk usaha yang sedang mengalami perkembangan yang pesat juga.

Hal ini tidak tanpa alasan karena seiring dengan perusahaan dibidang  yang meningkat karena ban satu kebutuhan para perusahaan dibidang tersebut. Semakin meningkatnya kebutuhan akan ban, hartanya pun ikut melonjak.

Itu kenapa jika pabrik ban vulkanisir sekarang ini semakin banyak dilirik oleh pelaku usaha.

PELUANG USAHA VULKANISIR BAN
sumber : www.truckmagz.com

1. Tips menghemat modal usaha Vulkanisir ban

Modal awal untuk usaha Vulkanisir ban

Jika ingin membuka semua usaha tersusun saja hal yang paling penting dan harus anda perhatikan adalah modal awalnya termasuk juga untuk jasa Vulkanisir ban. Usaha Vulkanisir ban ini juga masuk dengan golongan bisnis yang membutuhkan banyak biaya untuk modal awal bayangkan saja untuk peralatan gudangnya saja anda membutuhkan sekitar Rp 55 juta.

Lalu bagaimana anda dapat mengatasi hal tersebut? Jika anda memiliki modal sedikit atau ingin menghemat modal awal Anda dapat mengatasi hal ini dengan opsi pertama adalah meminjam uang kepada bank.

Namun jika anda tidak ingin berurusan dengan bank anda dapat menggunakan opsi ke dua yakni menjalin kerjasama kepada keluarga, teman, rekan kerja, atau kenalan yang anda pikir dapat menerima kerjasama anda.

Namun sebelum itu, tidak etis jika anda langsung meminta orang nya untuk bergabung dengan anda, untuk itu anda harus membuat proposal mengenai rincian anggaran usaha Vulkanisir ban.

Peralatan untuk usaha Vulkanisir ban

Mesin Vulkanisir ban memang membutuhkan banyak peralatan dan juga biaya. Untuk itu, agar anda dapat menghemat modal awal jasa Vulkanisir ban truk anda dapat meminimalisir hal tersebut dengan cara membeli peralatan untuk kursus Vulkanisir ban yang terpenting dahulu.

Nanti jika usaha anda sudah mengalami perkembangan anda mulai membeli peralatan untuk menunjang kebutuhan bisnis Vulkanisir ban anda.

Mencegah terjadinya kegagalan vulkanisir ban

Tentu saja bisnis vulkanisir ban mobil sistem panas yang anda akan geluti ini dapat mengalami kemajuan dan juga dapat memiliki banyak pelanggan, untuk itu anda harus bisa mencegah terjadi pelanggan yang kecewa dengan usaha anda.

Analisa Usaha Bengkel Vulkanisir Ban

Karena biasanya hal yang menjadikan pelanggan kecewa adalah terjadinya kegagalan pada ban. Untuk mencegah tersebut berikut ini adalah cara agar Vulkanisir ban truk mengalami kegagalan :

  • Kontrol selalu proses vulkanisir
  • Pemilihan ban yang tepat dan berkualitas
  • Jangan lupa untuk Rutin untuk pemeliharaan ban vulkanisir
  • Memeriksa mesin Vulkanisir ban lebih dini

2. Rincian modal usaha Vulkanisir ban

NoModal awalBiaya
1Peralatan kantorRp 16.000.000
2Peralatan untuk bagian gudangRp 55.000.000
3Peralatan untuk bagian produksiRp 50.000.000
Total biaya modal awalRp 121.000.000
Biaya untuk operasional
1Sewa tempatRp 1.000.000
2Biaya telepon dan listrikRp 250.000
3Upah pegawai untuk 2 orangRp. 1.800.000
4Biaya pemeliharaan dan lain-lainRp 1.600.000
Total biaya operasionalRp 4.650.000

Untuk rubber compound sebagai bahan membuat vulkanisir ban juga memiliki beberapa jenis dan juga harga yang berbeda. Antara lain :

  • HG Rp 33.000 /Kg
  • SG Rp 32.000 /Kg
  • SG Rp 30.000 /Kg
  • BG Rp 30.500 /Kg
  • CG HC Rp 35.000 /Kg
  • WG Rp 29.000 /Kg
  • EG Rp 27.000 /Kg
  • CT Rp 29.500 /Kg

3. Perhitungan Keuntungan

Untuk satu unit vulkanisir ban membutuhkan rubber compound hingga 5 kg Untu itu jika SG seharga Rp 30.000 dikali 5 = Rp 150.000.

Tidak hanya bahan lain yang digunakan untuk membuat vulkanisir ban yaitu 1 liter solar dengan harga Rp 4.300, ban bekas berkualitas seharga rp 360.000. jadi total keseluruhan untuk membuat 1 unit vulkanisir ban seharga Rp 514.300.

lalu jika satu ban vulkanisir tersebut dijual dengan harga Rp 790.000 maka 1 unit vulkanisir ban memiliki keuntungan hingga Rp 275.700.

Jika diasumsikan suatu hari anda dapat menjual 3 vulkanisir ban maka satu bulan keuntungan yang anda dapatkan adalah Rp 275.700 x 3 = Rp 827.100  lalu Dikali 30 hari. Maka 1 bulan pabrik Vulkanisir ban dapat memperoleh keuntungan hingga Rp 24.813.000.

4. Tips Menghemat Modal Usaha

Untuk Anda yang merasa modal untuk usaha ini terlalu besar, Anda bisa menghemat modal usaha dengan cara mencari tempat sewa yang murah. Kemudian Anda tidak memerlukan karyawan jika Anda bisa mengerjakan sendiri, sehingga biaya untuk menggajih karyawan berkurang.

Kemudian Anda juga bisa membeli peralatan mesin vulkanisir ban sistem dingin dan perlengkapan dengan harga yang murah-murah terlebih dahulu, asalkan usahanya jalan. Setelah usaha banyak pelanggan barulah mencari peralatan dan perlengkapan yang lebih lengkap.

5. Analisa SWOT

Strength : harga vulkanisir dan lebih terjangkau atau dikalangan masyarakat Indonesia vulkanisir ban lebih murah

Weakness : selain teknologi yang digunakan untuk membuat vulkanisir ban, juga belum banyak yang minat menggunakan vulkanisir ban untuk kendaraan mereka

Opportunity : karena pemerintah sekarang sudah banyak pengadaan mengenai kendaraan umum, maka vulkanisir ban pun banyak digunakan

Threats : selain saingan yang semakin meningkat, ancamannya juga terletak pada harga bahan baku yang semakin meningkat

You May Also Like

About the Author: mastercuan

2 Comments

    1. Peralatan vulkanisir bisa didapatkan dengan berbagai cara antara lain : dengan kerja sama bagi hasil dengan pemodal jika Anda terkendala modal, kedua dapat dibayar dengan beberapa kali cicilian. intinya cari jalan yg sesuai dengan kemampuan kita.

      Admin sendiri biasa nya setor dulu ke ketoko mesin sampai lunas baru barang nya diambil. kalo duit nya ditabung sendiri kuatir nya bakal di gunakan untuk keperluan lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *