Peluang Usaha Toko Elektronik dan Peralatan Elektrik

Pada saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk membuka usaha sendiri dari pada bekerja pada orang lain, pilihan tersebut pun sudah seperti prinsip hidup.

Jadi dengan membuka usaha yang akan mendapatkan keuntungan cukup besar merupakan suatu solusi bagi Anda, yaitu termasuk usaha toko elektronik yang saat ini semakin diminati oleh banyak orang.

Peluang Usaha Toko Elektonik dan Peralatan Elektrik

Peluang Usaha Toko Elektronik
sumber : garnesia.com

Modal Usaha

Pembelian barang barang elektronik              : Rp 150.000.000
Pembelian etalase toko                                      :Rp 4.000.000
Sewa tempat usaha                                              :Rp 15.000.000/tahun
Biaya renovasi tempat usaha                              :Rp 20.000.000.
Biaya perawatan barang-barang elektronik      :Rp 1.600.000/bulan
Gaji karyawan untuk 1 orang                               :Rp 1.000.000/bulan

Untuk menyiapkan semua peratalan elektrik untuk stok barang, anda dapat kerjasama dropship atau sebagai reseller untuk distributor. Dalam pengiriman barang selalu cek resi, di cepatlakoo.com untuk menunjang efektifitas Anda.

Perhitungan Keuntungan Per Tahun

Total Pengeluaran Setiap Bulan ( Biaya Perawatan Barang + Gaji Karyawan ) = Rp. 2.600.000. Maka total membayar karyawan dalam 1 tahun adalah Rp. 31.200.000.

Biaya perawatan barang pertahun : Rp. 1.600.000 x 12 bulan = Rp.19.200.000.

Baca juga : Keuntungan Usaha Penyewaan Tenda

Asumsi pendapatan setiap bulannya dari penjualan barang elektronik : Rp. 30.000.000/bulan. Maka dalam 1 tahun bisa mendapat keuntungan Rp.360.000.000/tahun.

Artinya dalam 1 tahun menjalankan usaha dengan modal awal pembelian alat elektronik + sewa tempat + gaji Karyawan per tahun + biaya perawatan per tahun akan membutuhkan pegeluaran biaya sebesar Rp.215.400.000.

Jadi keuntungan yang didapatkan dari usaha eletronik selama satu tahun Rp.360.000.000-Rp.215.400.000= Rp.144.600.000/ tahun atau per bulannya sebesar Rp. 12.050.000.

Analisis SWOT

Strength (Kekuatan) :

  • Dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan
  • Memberikan pelayanan yang terbaik
  • Menjual produk elektronik yang memiliki kualitas bagus

Weaknes (Kelemahan) :

  • Persaingan dengan toko yang lebih besar
  • Berubahnya kondisi ekonomi

Oportunity (Peluang) :

  • Tetap menjua; mutu dan kualitas produk, sehingga mampu bersaing dengan pesaing lainnya
  • Menjual produk yang jarang dijual didaerah Anda

Threaty (Ancaman) :

  • Munculnya para pesaing baru

Tips Menghemat Modal Usaha

  • Belilah berang elektronik yang sudah dianalisis dengan matang, sehingga saat mengeluarkan modal awal untuk membeli barang elektroniknya bisa habis terjual.
  • Carilah supplier barang elektronik yang murah dan bisa diretur ketika ada kerusakan, sehingga dapat mengurangi biaya perawatan dan perbaikannya.

Tips menjalankan bisnis toko elektronik

  • Menentukan jenis produk elektroniknya

Terdapat banyak sekali barang elektronik yang bisa Anda jual baik secara offline maupun online. Yaitu contohnya seperti mixer, kulkas, laptop, dispenser, komputer, televisi, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menentukan berbagai macam jenisnya maka Anda harus melihat merk elektronik apa yang sekarang sedang ramai dicari oleh banyak orang.

Yaitu contohnya seperti game console seperti PS uang sedang digemari oleh banyak orang belakangan ini. Maka dengan begitu akan banyak orang yang membeli game console  dengan begitu maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

  • Mempersiapkan Modal Usaha

Setelah Anda menentukan beberapa jenis elektronik yang akan Anda jual, maka langkah yang berikutnya adalah menyiapkan modal untuk usaha Anda.

Untuk dapat membuka usaha elektronik ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Baik Anda menjualnya secara online ataupun offline, tetapi jika Anda menjualnya secara offline maka modalnya pun akan lebih besar.

  • Melakukan promosi

Jika Anda sudah memiliki toko elektronik secara online, maka langkah yang selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah melakukan promosi mengenai keberadaan toko online elektronik Anda yaitu dengan cara melakukan promosi menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, twiter, line serta masih banyak lagi lainnya.

  • Unik dan menarik

Karna persaingan usaha toko elekronik ini sangat ketat. Denagn begitu maka hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan sesuatu yang unik.

Yaitu baik dari keunikan pada saat pelayanannya maupun keunikan dari barang elektronik yang Anda jual. Maka dengan begitu pelanggan akan semakin tertarik untuk membeli di toko elektronik Anda.