Peluang Usaha Toko Burung

Usaha ternak burung diindonesia belum terlalu banyak yang mencobanya, karna ternak burung bukan sesuatu yang mudah. Karna jika Anda tidak suka burung atau bukan hobi Anda maka ternak burung ini akan susah untuk dijalankan. Tetapi jika Anda hobi memelihara burung maka hal ini bukan suatu yang sulit untuk dijalankan. Karena kebanyakan masyarakat tidak bisa memelihara burung atau bukan hobinya maka hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda pecinta burung. Usaha ini memiliki pesaing yang rendah sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Sebenarnya usaha toko burung ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

Peluang Usaha Toko Burung
sumber : burungnya.com

Modal Awal usaha

NoModal AwalBiaya
 Biaya Tetap
 Total Biaya Tetap               88,889
Biaya Variabel
1. Burung kicau          3,100,000
2. Pakan burung          2,600,000
3. Vitamin burung          9,000,000
4. Biaya listrik                80,000
5. Biaya air                45,000
6. Biaya tambahan lain          4,600,000
 Total Biaya Variabel       19,425,000
Total Biaya Operasional          3,000,000
 Biaya tetap + biaya variabel          2,500,000

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
5 ekor x Rp.   200,000 = Rp.            1.000,000
Rp.       1.000,000 x     30 hr = Rp.      30,000,000
Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.     30,000,000 –       19,513,889= 10,486,111

Jadi untuk mengembalikan modal awal  Rp. 19,425,000 dengan keuntungan perbulan Rp. 10,486,111 maka pengembalian modal terjadi pada bulan ke 2.

Analisis SWOT

Kekuatan (Strengss)

  • Banyak yang menyukai burung atau ingin memelihara burung
  • Lokasi yang strategis

Kelemahan (Weakness)

  • Perawatannya yang susah
  • Harga yang cukup mahal sehingga pembeli tidak terlalu tertarik

Peluang (Opportunities)

  • Karena sekarang banyak komunitas pecinta burung sehingga mereka akan tertarik untuk membeli

Threats (ancaman)

  • Kesehatan burung yang terganggu bahkan bisa terjadi kematian
  • Mulai banyak pesaing yang muncul

Tips Menghemat Modal Usaha

  • Carilah suplier atau distributor dengan harga yang murah atau cari yang bisa diajak kerjasama, sehingga Anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. Ketika barang laku baru Anda membayarnya.
  • Belilah barang dan burung yang paling banyak dicari terlebih dahulu, jangan membeli barang yang kiranya jarang peminatnya.

Tips Awal Usaha 

  • Mempelajari berbagai macam jenis burung

Dengan mengetahui berbagai macam jenis burung maka hal ini akan membantu menjalankan usaha agar lancar. Jika Anda tidak terlalu paham betul mengenai burung maka Anda bisa mempelajarinya di berbagai buku ataupun media sosial. Setidaknya Anda mengetahui kesulitan perawatannya dan juga harga dati burung tersebut.

  • Pangsa pasarnya

Agar dapat menjalankan usaha ini dengan lancar maka Anda harus mengetahui pangsa pasarnya. Dengan begitu maka penjualan burung Anda akan semakin mudah. Karna dengan mengetahui pangsa pasar maka Anda akan mengetahui tempat penjualannya, tingkat persaingannya dan masih banyak lagi lainnya, karna dengan pangsa pasar Anda akan mengetahui kelanjutan strategis dari usaha Anda.

  • Adanya sumber daya

Untuk tempat memelihara burung atau keperluan lainnya maka hal.ini memerlukan tempat yang cukup luas. Karna dengan tempat yang cukup luas maka Anda dapat dengan mudah melakukan perawatan pada burung. Selain tempat yang luas jika Anda ingin usaha ini maka Anda memerlukan sangkar burung dengan jumlah yang banyak pula. Untuk pakan burung dan juga vitaminnya juga harus Anda perhatikan.

  • Menentukan lokasi yang strategis

Hal penting lainnya jika Anda ingin memulai usaha yaitu memilih lokasi yang strategis. Lokasi strategis yang dimaksud adalah lokasi yang ramai dikunjungi oleh orang banyak, sehingga dengan banyaknya orang yang melintas maka peluang usaha Anda juga akan semakin banyak. Dan dengan begitu Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang besar.

You May Also Like

About the Author: Erik Thoir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *