Peluang Usaha Toko Alat Pancing

Semakin lama masyarakat yang menyukai hobi memancing semakin banyak. Apalagi dengan adanya acara televisi pada sebuah stasiun televisi yang memadukan tema memancing salah satunya acara mancing mania.

Acara tersebut juga yang mungkin dapat membuat masyarakat Indonesia mulai banyak tertarik untuk mencoba memancing.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memulai bisnis kolam pancing di tempat kolam pemancingan sekarang juga semakin banyak namun melihat peluang tersebut.

PELUANG USAHA TOKO ALAT PANCING
sumber : direktorimedan.blogspot.com

Rincian modal awal usaha 

Sebagai seorang pelaku usaha yang akan menggeluti bisnis toko alat pancing tentunya Anda harus memiliki gambaran mengenai dalam awal dan juga biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh anda perbulannya.

Untuk itu sebagai gambaran saya akan memberikan gambaran mengenai rincian modal awal untuk membeli barang inventasi dan biaya operasional toko alat pancing beserta dengan harganya.

NoBiaya untuk membeli barang inventasi usaha Harga
1Lemari kaca sebanyak 2 unitRp 1.800.000
2Modal awal membeli alat pancing, seperti joran, senar, reel, pakan untuk ikan dan lain sebagainyaRp 10.000.000
3Rak kayu sebanyak 2 unitRp 1.000.000
4Barang pendukung lainnya seperti kursi dan mejaRp 1.600.000
 Total biaya Rp 14.400.000

 

NoBiaya operasional yang harus anda keluarkan per bulanHarga
1Sewa tempatRp 800.000
2Membeli perlengkapan alat pancingRp 4.000.000
3Listrik dan teleponRp 200.000
4Gaji untuk 1 orang karyawanRp 700.000
5Biaya lain lainRp 200.000
 Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 5.900.000

Perhitungan Keuntungan

Untuk membuka usaha toko tentu saja tidak jauh jauh dari yang namanya keuntungan, tanpa keuntungan maka usaha anda tidak akan berkembang. Untuk itu, sebagai pemula bidang usaha ini tentunya harus mengetahui keuntungan yang didapat.

Namun sebelum Menghitung keuntungan terbih dahulu anda harus punya pendapat kotor terlebih dahulu. Maka jika di asumsikan toko alat pancing anda dalam satu hari toko anda berhasil menjual berbagai macam alat pancing dengan semua barang hingga Rp 320.000. maka jika dihitung dalam1 bulan Rp 320.000 x 30 hari = Rp 9.600.000.

Setelah pendapatan kotor sudah di ketahui, maka untuk selanjutnya anda dapat menghitung keuntungan dengan cara pendapatan anda pada toko alat pancing di kurangi dengan biaya yang dikeluarkan perbulan, jadi Rp 9.600.000 – Rp . 5.900.000 = Rp 3.700.000.

Analisa SWOT

  • Strength ( kekuatan ) : Peralatan untuk memancing lengkap mulai dari reel, esense, joran, hingga umpan ikan
  • Weakness ( Kelemahan ) : Jika barang alat pancing yang dijual tidak lengkap, maka untuk menarik minat konsumen tentu sulit
  • Opportunity ( peluang ) : Semakin banyak masyarakat kita yang mulai tertarik bidang memancing
  • Threats ( ancaman ) : Pesaing yang makin meningkat, selain itu ancaman lainnya adalah barang alat pancing tiba-tiba harga naik

Langkah awal dan cara untuk menghemat modal awal

  • Tempat strategis : Memilih tempat yang strategis dapat membuat usaha toko alat pancing modal kecil anda mengalami kemajuan, pilihlah tempat untuk usaha anda berada pada lingkungan yang memiliki hobi memancing.
  • Modal awal : Setiap usaha tentunya membutuhkan modal awal yang cukup lengkap, namun bagi anda pelaku usaha yang ingin menghemat modal awal anda cukup membeli perlengkapan untuk alat mancing yang sekiranya sangat memiliki potensi untuk dapat laku dengan cepat.

Banyak pelaku usaha juga mulai berinisiatif untuk membuat sebuah toko yang menjual berbagai alat untuk kebutuhan memancing. Usaha toko alat pancing tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun karena pendapatan yang didapat oleh usaha ini cukup menggiurkan oleh sebab itu para pelaku usaha pun masih ingin memulai usaha toko ini.

You May Also Like

About the Author: indragaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *