peluang usaha roti bakar

Peluang usaha roti bakar semakin banyak diminati para pengusaha baru dalam menjalankan bisnis kuliner. Karena usaha satu ini bisa dikatakan usaha modal kecil tapi bisa untung besar. Karena itu untuk meyakinkan Anda ketika akan berjualan roti bakar, silahkan simak analisa bisnisnya berikut ini.

peluang usaha roti bakar
sumber : Tribunnews.com

1. Rincian Modal Awal

NoModal awal atau barang inventasiHarga
1Mesin pemanggang rotiRp 1.400.000
2DekelitRp 100.000
35 toples untuk wadah toping roti bakarRp 60.000
4Garpu dan pisauRp 22.000
5Solet ukuran besar 4 buahRp 20.000
6Pelarut kejuRp 15.000
7Lain- lainRp 155.000
Total biaya untuk barang inventasiRp 1.767.000

Jika anda ingin memulai usaha roti bakar berikut ini adalah gambaran mengenai rincian apa saja yang harus anda siapkan perbulan

NoBiaya yang harus dikeluarkan per bulanHarga
1Sewa kiosRp 800.000
2Roti tawarRp 400.000
3Selai strawberryRp 80.000
4Selai nanasRp 60.000
5MargarinRp 110.000
6Susu kental manisRp 130.000
7Meses coklatRp 170.000
8Keju batangRp 130.000
9PisangRp 40.000
10Lain lainRp 80.000
Total biaya yang harus dikeluarkanRp 2.000.000

2. Perhitungan Keuntungan

Jika dalam satu hari kita asumsikan roti bakar pada usaha anda berhasil terjual hingga 40 potong roti bakar, yang satu potong roti bakar tersebut di Kuala dengan harga Rp 11.000 maka dalam satu hari pendapatan yang diperoleh mencapai Rp 440.000 kemudian jika dalam satu bulan, maka Rp 440.000 x 30 hari maka anda dapat mengantongi penghasilan kotor sebanyak Rp 13.200.000 .

Lalu bagaimana bagaimana cara menghitung keuntungan yang didapat per bulan? Selanjutnya, penghasilan. Yang anda dapatkan per bulan sebanyak Rp 13.200.000 dikurangi dengan biaya yang anda keluarkan per bulan sebanyak Rp 2.000.000 . Maka dapat anda ketahui dalam satu bulan memiliki keuntungan berkisar Rp 11.200.000.

3. Persiapan Awal dan Tips Menghemat Modal

Memperhatikan Lingkungan Sekitar : Roti bakar adalah usaha yang sudah banyak pelaku usaha yang berjalan. Karena itu sebelum anda memulai bisnis usaha roti bakar maka yang harus anda lakukan adalah riset terlebih dahulu di lingkungan sekitar anda atau lingkungan tempat yang nantinya akan anda digunakan untuk memulai usaha roti bakar. Pastika bahwa dilingkungan tersebut belum banyak terdapat usaha roti bakar. Karena hal ini tidak tanpa alasan usaha anda akan cepat berkembang jika di lingkungan tersebut tidak memiliki banyak pesaing. Namun tentunya tidak hanya itu, anda juga perlu meriset apakah dilingkungan tersebut berpotensi memiliki banyak konsumen, karena akan percuma jika anda membangun usaha roti bakar namun tidak ada masyarakat sekitar yang ingin membeli produk buatan anda.

Menentukan Lokasi Usaha : Untuk memulai sebuah bisnis makanan tentu yang harus anda perhatikan adalah menentukan lokasi atau tempat yang paling strategis untuk usaha roti bakar anda. Seperti usaha makanan yang lain, untuk mentukan lokasi usaha roti bakar juga harus memiliki strategi yaitu dengan memilih tempat yang ramai walaupun tidak harus di pusat kota, seperti di pinggir jalan, sekitar alun-alun atau di ditempat- tempat ramai lain yang sekiranya Banyak dilalui orang. Selai itu, menentukan. Lokasi usaha yang strategis juga dapat membuat para konsumen mudah menemukan tempat usaha roti bakar anda.

Waktu Penjualan : Agar usaha anda dapat berkembang tentunya harus mendapatkan banyak konsumen setiap harinya. Untuk itu anda harus tahu kapan biasanya para konsumen biasanya membeli roti bakar. Tentu saja hal ini juga dapat menghemat modal anda, karena tidak menghabiskan modal dan juga menghabiskan waktu jika anda tidak menggunakan strategi untuk waktu penjualan. Untuk itu biasanya para konsumen membeli roti bakar pada malam hari karena biasanya digunakan sebagai cemilan malam

Tampilan Outlet dibuat yang menarik : yang selanjutnya adalah dengan membuat tampilan Outlet anda terlihat menarik. Karena hal tersebut juga dapat menarik minat para konsumen. Selai itu, hal tersebut juga berguna sebagai pembeda antara usaha roti bakar anda dengan usaha roti bakar yang lainnya. Sehingga para konsumen akan terus ingat dengan usaha roti bakar anda.

Promosi : Seperti usaha pada umumnya, usaha roti bakar juga memerlukan promosi untuk mendapatkan banyak konsumen, namun promosi juga memerlukan biaya. Untuk itu agar usaha roti bakar anda dapat menghemat modal awal anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi sekarang ini dengan membuat promosi di berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun website.

4. Analisa SWOT

Strenght (kekuatan) : Selain harganya yang relatif terjangkau. Untuk membuat roti bakar juga tidak memerlukan banyak waktu dan juga sederhana.

Weakness (Kelemahan) : Jika cuaca buruk seperti hujan terjadi, maka konsumen juga akan menurun.

Opportunity (peluang) : Semakin banyak masyarakat yang mulai mencari cemilan malam.

Threats (ancaman) : Pelaku usaha roti bakar yang semakin banyak, juga jika kualitas yang diberikan tidak bagus maka dapat mengakibatkan sepi pelanggan. Atau bahkan terancam bangkrut.

5. Resep membuat roti bakar

Bahan :

– Roti tawar

– Margarin secukupnya

– Susu kental manis sesuai selera

– Meses atau toping sesuai selera

Cara membuat :

1. Roti tawar yang anda sudah siapkan diberi olesan margarin ke semua bagiannya.

2. Kemudian beri susu kental manis pada satu sisinya. Dan juga beri topping sesuai selera anda.

3. Setelah itu bakar roti diatas teflon, jangan lupa bolak-balik roti hingga semua terbakar merata.

 

You May Also Like

About the Author: Erik Thoir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *