Peluang usaha rental alat berat

Peluang usaha rental alat berat adalah peluang usaha yang cukup memerlukan banyak biaya untuk modal awalnya bagai mana tidak harga 1 alat berat saja memiliki harga yang lumayan mahal. Untuk itu biasanya pelaku usaha rental alat berat adalah orang yang memiliki koleksi alat berat. Walaupun modalnya cukup mahal namun keuntungan yang akan diperoleh pun cukup menggiurkan karena masih jarang pelaku usaha yang dibidang rental alat berat.

Peluang usaha rental alat berat
sumber : bekaskomatsu.blogspot.com

Rincian modal awal

Untuk anda yang ingin memulai usaha rental alat berat, berikut ini adalah gambaran mengenai rincian modal awal untuk anda.

NoBarang inventasi atau modal awalHarga
1Excavator 1 unitRp 160.000.000
2Bulldozer 1 unitRp 40.000.000
3Wheel loader 1 unitRp 16.000.000
Total biaya untuk membeli barang inventasiRp 216.000.000

Biaya Operasional Per Bulan

biaya yang anda harus keluarkan per bulan, antara lain

  1. Sewa tempat untuk meletakan alat berat Rp 800.000
  2. Transportasi Memili biaya sebanyak Rp 1.500.000
  3. Upah untuk 1 orang karyawan sebanyak Rp 800.000
  4. Biaya lain lain sebanyak Rp 2.000.000

Maka total yang anda keluarkan per bulan adalah Rp 5.100.000

Menghitung keuntungan

Kita asumsikan jika dalam satu hari usaha sewa anda berhasil memiliki konsumen sebanyak 1 orang perhari dengan biaya persewa nya sebanyak Rp 1.000.000 maka dalam satu hari anda berhasil mendapatkan Rp 1.000.000 .

Lalu jika dihitung perbulan maka Rp 1.000.000 x 30 hari = Rp 300.000.000 . Untuk menghitung keuntungan maka pendapatan per bulan sebanyak Rp 300.000.000 dikurangi biaya yang harus anda keluarkan per bulan sebanyak Rp 5.100.000 = Rp 294.900.000.

Pengembalian Modal

Untuk menghitung penegmbalian modal adalah modal awal Rp 216.000.000 dibagi dengan keuntungan bersih perbulan Rp 294.900.000, maka rental alat berat ini dapat balik modal di bulan pertama. Dengan asumsi setiap hari ada 1 orang yang menyewa alat berat dengan harga sewa 1 juta per harinya.

Analisa SWOT

  • Strength (kekuatan) : Masih kurang banyak pelaku usaha yang sama dibidang rental alat berat
  • Weakness (Kelemahan) : Modal awal yang mahal, dan sulitnya mencari teknisi untuk memperbaiki alat berat jika terjadi masalah
  • Opportunity (peluang) : Kebutuhan mengenai alat berat semakin lama semakin meningkat
  • Threats (ancaman ) : Munculnya pesaing di bidang yang sama , selain itu karena ekonomi di negeri ini yang masih lesu.

Tips Menghemat Modal Usaha

  • Modal : Seperti yang saya katakan diatas usaha rental alat berat merupakan usaha yang memerlukan modal yang tidak sedikit . Maka dari itu anda perlu meriset apa saja yang perlu anda butuhkan untuk memulai usaha rental alat berat. Tidak hanya itu anda juga harus meriset berapa harga barang inventasi yang anda perlukan. Jika anda ingin menghemat modal awal untuk usaha anda dapat mengatasinya dengan cara meminjam modal kepada bank. Anda namun agar anda tidak terlalu beban dengan hutang kepada bank yang terlalu banyak, anda meminimalisir dengan meminjam 50 – 60 % dari modal awal yang dibutuhkan. Lalu sisanya anda dapat menggunakan tabungan anda untuk mencukupi biaya barang inventasi. Namun jika anda tidak ingin berhubungan dengan hutang kepada bang, anda dapat meminta kerja sama kepada saudara, teman untuk membuat usaha rental alat berat sama- sama.
  • Keahlian : Walaupun usaha anda rental alat berat anda juga harus memiliki keahlian dibidang alat berat hal ini tidak tanpa alasan karena dapat membantu anda untuk mengetahui tentang apa saja masalah yang akan dihadapi oleh pelaku usaha rental alat berat. Selain itu anda juga dapat menjawab beberapa pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan oleh konsumen Anada yang ingin menyewa alat berat.
  • Membeli alat untuk usaha rental alat berat : Untuk membeli alat berat anda dapat bertanya kepada pelaku usaha yang lebih berpengalaman dari anda dan yang sudah sukses terlebih dahulu, anda dapat menyiapkan berbagai hal seperti mesin mana yang memiliki kualitas bagus, karena biasanya jika membeli yang berkualitas bagus maka alat berat tersebut lebih awet dari mesin yang lain, itu dapat menghemat biaya usaha rental anda ke depannya. Lalu jika anda ingin menghemat modal awal untuk usaha rental alat berat, yang pertama anda beli adalah alat yang menurut anda penting dan diperlukan oleh lingkungan sekitar anda. Jika usaha rental alat berat anda sudah maju anda dapat membeli alat lainnya dari keuntungan yang anda peroleh dari usaha tal alat berat.
  • Kerjasama : Jika usaha anda ingin maju anda maju selain dengan promosi yang gencar agar usaha anda dapat dikenal oleh banyak orang, anda juga perlu menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang membutuhkan alat berat untuk kerja mereka seperti pengusaha di kalangan pemerintah, pengusaha pengembang, perusahaan kontraktor daln lain sebagainya. Karena hal tersebut dapat juga sebagai target anda untuk usaha rental alat berat, untuk itu anda tidak akan khawatir jika usaha anda sepi oleh konsumen yang akan mengakibatkan gulung tikar.

You May Also Like

About the Author: pejuangreceh

1 Comment

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *