Peluang Usaha Penggemukan Sapi

Peluang Usaha Penggemukan Sapi apakah membutuhkan modal yang besar? apakah keuntungan yang didapatkan akan sangat besar juga? berapakah omset yang didapatkan setiap bulannya? untuk menjawab semua pertanyaan ini, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Peluang Usaha Penggemukan Sapi
sumber : YouTube.com

Sapi merupakan hewan ternak yang biasa digunakan untuk bahan aqiqah, kurban, dan lain sebagainya. Semua orang pasti menginginkan sapi untuk kurban atau aqiqah yang gemuk bukan? Dengan demikian ini menjadi peluang besar untuk Anda membuka usaha penggemukan sapi. Usaha ini tidak bisa dijalankan seenaknya, ada persiapan yang harus Anda lakukan sepert :

– Target Konsumen

Dalam dunia perdagangan Anda tentu akan dikaitkan dengan konsumen yang nanti akan membantu Anda dalam mendapatkan penghasilan. Mengapa demikian? Karena yang namanya perdagangan tentu akan ada pendapatan dan antara kedua belah pihak yang melakukan jual beli sama-sama diuntungkan.

– Strategi Promosi

Di era modern ini mustahil jika orang-orang belum memiliki handphone bukan? Semua orang pasti memiliki handphone, dan kebanyakan handphone sekarang digunakan untuk eksis di media sosial. Dengan demikian ini menjadi kesempatan besar untuk Anda mempromosikan usaha Anda melalui media sosial untuk mendapatkan perhatian dari banyak masyarakat. Anda juga bisa langsung menawarkan usaha Anda ke orang-orang yang memiliki ternak sapi.

– Target Harga

Sebelum menjalankan usaha Anda tentu  harus menarget harga yang nantinya Anda akan bisa memperkirakan sendiri penghasilan yang akan didapatkan. Umumnya para pembisnis penggemukan sapi menarget dengan harga Rp 1.200.000 sampai dengan Rp 2.000.000 per ekor sapi.

– Karyawan Usaha

Anda mungkin tidak bisa menjalankan usaha ini seorang diri, karena memerlukan energi yang banyak untuk mengurus sapi tersebut agar gemuk dan bisa memberikan hasil yang memuaskan kepada pelanggan Anda.

1. Rincian Modal dan Analisa Pengeluaran Modal Usaha

Harga
Sewa lahanRp 850.000
Pembuatan kandangRp 2.000.000
Bibit atau bakalan sapiRp 70.000.000
RumputRp 500.000
Padi halusRp 700.000
Garam dapurRp 80.000
Tepung tulangRp 200.000
Gaji karyawan (3 orang)Rp 2.100.000
TotalRp 76.430.000

Pendapatan

Misalkan Anda menargetkan dengan harga Rp 1.500.000 per ekor, dan Anda mampu menggemukan sapi 8 ekor sapi per hari, maka pendapatan Anda yaitu :

8 ekor x Rp 1.500.000 = Rp 12.000.000

Rp 12.000.000 x 8 kali (satu ekor sapi agar gemuk membutuhkan waktu 90 hari)

= Rp 96.000.000

2. Perhitungan Keuntungan Yang Anda Dapatkan

Total Pendapatan – Biaya Pengeluaran = Laba

Rp 96.000.000 – Rp 76.430.000 = Rp 19.570.000

3. Tips Menghemat Uang Modal

Bagaimana bisa menghemat jika modal usaha sampai puluhan juta? Mudah dilakukan jika Anda niat. Tips dari saya menghemat uang modal caranya membeli perlengkapan yang penting saja dan memang benar-benar dibutuhkan, untuk kebutuhan Anda yang lain bisa Anda dapatkan setelah mendapatkan hasil dari usaha Anda.

4. Analisa SWOT

  • Strenght (kekuatan) : Penghasilan yang didapatkan dari usaha penggemukan sapi sangat banyak dan tentunya bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga Anda.
  • Weakness (kelemahan) : Memerlukan bantuan orang llain untuk dijadikan karyawan yang nantinya Anda tentu akan mengeluarkan uang untuk menggaji mereka. Usaha ini terbilang sulit jika dilakukan sendirian.
  • Opportunity (peluang) : Masih banyak orang yang memiliki ternak sapi, selain itu juga banyak hari-hari besar yang membutuhkan ternak sapi untuk di santap sehingga menjadi peluang besar untuk Anda membuka usaha penggemukan sapi agar saling menguntungkan diantara kedua belah pihak pembeli dan penjual.
  • Treath (ancaman) : Banyak produk penggemukan sapi yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik ternak, sehingga Anda harus lebih pandai dalam hal bersaing di dunia perdagangan.

 

You May Also Like

About the Author: Erik Thoir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *