Peluang Usaha Penggemukan kambing

Bagaimana Peluang Usaha Penggemukan kambing? Apakah menjanjikan jika dijalankan? untuk membantu Anda menemukan semua jawaban dari pertanyaan tersebut. Kami telah memberikan gambaran tentang analisa usaha dari penggemukan kambing yang sukses. Sehingga setelah membaca artikel ini, Anda bisa memahami apakah bisnis ini cocok untuk Anda jalankan atau tidak.

Peluang Usaha Penggemukan kambing
sumber : Tribunnews.com

Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum paham mengenai usaha penggemukan kambing bukan? Cara melakukan usaha ini yaitu Anda akan mendapatkan pelanggan yang nantinya akan menyerahkan kambing mereka untuk Anda pelihara sampai gemuk. Tetapi proses penggemukan kambing ini tidak sembarang memakai produk yang tidak jelas.

Persiapan Awal Usaha

– Target Konsumen

Orang yang Anda target menjadi konsumen Anda yaitu orang-orang yang memiliki ternak kambing. Anda jangan khawatir karena di era modern ini tentu masih ada banyak orang yang masih memiliki ternak kambing.

– Strategi Promosi

Anda bisa mempromosikan usaha Anda melalui media sosial yang mencakup publik atau banyak orang. Dengan demikian usaha Anda akan banyak dikenal oleh masyarakat, Anda juga bisa menawarkan langsung kepada para peternak kambing atau penjual kambing dengan kalimat yang menarik sehingga masyarakat akan mudah tergiur untuk mencoba usaha Anda.

– Pelaku Usaha

Siapa saja bisa melakukan usaha ini karena usaha penggemukan kambing ini terbilang sangat mudah dilakukan, tidak mengharuskan seseorang memiliki pengalam kerja.

– Karyawan Usaha

Usaha penggemukan kambing bisa dibilang memerlukan banyak pekerja untuk mengurus kambing konsumen Anda. Jika Anda mengurus usaha ini sendiri mungkin bisa namun akan menguras banyak tenaga.

– Target Harga

Anda bisa mematok harga sesuai dengan keinginan dan tentu disesuaikan juga dengan harga jual yang ada di pasaran. Rata-rata orang yang memiliki usaha penggemukan kambing menarget dengan harga Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 1.500.000.

2. Rincian Modal Awal dan Analisa Pengeluaran Usaha

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha penggemuk kambing yaitu berupa :

Harga
Pembuatan kandangRp 500.000
Bibit kambingRp 850.000
KonsentratRp 5.000.000
Pakan kambingRp 1.000.000
VitoternaRp 3.000.000
Gaji karyawan (2 orang)Rp 2.000.000
Peralatan tambahan lainnya Rp 50.000 x 30Rp 1.500.000
Biaya transportasi Rp 30.000 x 30Rp 600.000
Total pengeluaranRp 14.450.000

Pendapatan Anda

Misalkan Anda menarget harga penggemukan kambing Rp 1.000.000 per ekor, dan Anda mampu melayani pelanggan 5 pelanggan masing-masing satu ekor maka penghasilan Anda per bulan yaitu :

5 ekor kambing x Rp 1.000.000 = Rp 5.000.000

Rp 5.000.000 x 5 kali (1 ekor kambing = 100 hari penanganan) = Rp 25.000.000

3. Perhitungan Keuntungan

Total pendapatan – Biaya pengeluaran = Laba

Rp 25.000.000 – Rp 14.450.000 = Rp 10.550.000

4. Tips Menghemat Uang Modal Usaha

Cara mudah untuk Anda yang ingin menghemat modal usaha yaitu dengan cara memenuhi peralatan dan bahan yang benar-benar dibutuhkan, selebihnya bisa Anda penuhi kebutuhan lainnya saat sudah mendapatkan penghasilan. Cara lain menghemat uang modal usaha yaitu dengan cara menyisihkan langsung uang tersebut dan selebihnya Anda kelola sendiri untuk pembukaan usaha. Anda tentu harus membuka usaha sesuai dengan target modal awal yang sudah Anda persiapkan.

5. Analisa SWOT

Streght (kekuatan) : Penghasilan yang Anda dapatkan dari usaha ini cukup banyak dan tentunya cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga Anda.

Weakness (kelemahan) : Waktu yang dibutuhkan untuk menangani kambing cukup lama dan harganya juga bisa dibilang cukup mahal.

Opportunity (peluang) : Banyak orang di pedesaan yang masih memiliki ternak kambing dan ini merupakan peluang besar Anda untuk mendapatkan penghasilan yang banyak.

Treath (ancaman) : Banyak pesaing dalam dunia perdagangan yang juga membuka usaha penggemukan kambing, dengan demikian Anda harus pandai bersaing dengan mereka.

 

You May Also Like

About the Author: Erik Thoir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *