Peluang Usaha Opak Singkong

Cemilan yang banyak disukai oleh banyak orang ini mulai dilirik oleh para pelaku usaha, bagaimana tidak karena usaha opak singkong ini membutuhkan modal awal yang tidak terlalu besar namun keuntungan yang akan didapat cukup menggiurkan, maka tidak heran jika siapapun dapat mencoba usaha opak singkong ini.

Peluang Usaha Opak Singkong
sumber : tokopedia.com

1. Rincian modal awal

Barang inventasi Harga 
 Wajan besar Rp.260,000
 Spatula Rp.40,000
 Peniris minyak Rp.1,500,000
 Kompor beserta gas Rp.600,000
Alat pengemas peroduk Rp.700,000
Mesin pengaduk bumbu Rp.2,500,000
Lain lain Rp.320,000
 Total biaya barang Investasi Rp.5,920,000

 

Biaya Variabel atau biaya yang dikeluarkan perbulan
 Singkong Rp.3,000,000
 Bumbu pedas Rp.500,000
 Minyak goreng Rp.1,500,000
 Kemasan produk Rp. 600,000
Biaya listrik Rp.50,000
Gas LPG Rp. 500,000
 Biaya air Rp.50,000
 Biaya tambahan lain Rp.500,000
 Total Biaya yang harus dikeluarkan perbulannya Rp. 6,700,000

2. Perhitungan Keuntungan

Jika dalam satu hari usaha produksi opak singkong anda terjual hingga 60 kemasan dengan harga yang dijual perkemahan adalah Rp 10,000.

Maka dalam satu hari anda mengantongi hingga Rp 600,000 . Lalu jika satu bulan penghasilan kotor yang anda dapatkan mencapai Rp 18,000,000.

Lalu jika anda ingin menghitung keuntungan yang anda dapatkan maka pemasukan atau penghasilan yang anda dapatkan selama satu bulan Rp 18,000,000 dikurangi dengan biaya yang harus anda keluarkan per bulan adalah Rp 6,700,000.

Maka dalam satu bulan anda mendapatkan Rp 11.300,000. Jika demikian dalam waktu 1 bulan saja biaya membeli barang inventasi atau modal awal sudah tertutupi.

3. Tips untuk Menghemat Modal Awal

Tempat : Untuk yang baru ingin mencoba usaha opak singkong, memang biasanya mereka membutuhkan ruko atau tempat yang digunakan untuk menjual produk opak singkong mereka. Namun jika anda ingin menghemat modal awal, tidak perlu menyewa tempat atau ruko anda juga dapat memanfaatkan ruang depan rumah anda atau garansi rumah sebagai tempat anda menjual produk opak singkong.

Peralatan yang dibutuhkan : membuat opak singkong memang membutuhkan peralatan memasak seperti wajan, spatula, pengurus minyak dan lain sebagainya. Namun, untuk menghemat modal awal anda tidak perlu membelinya. Jika anda sudah memiliki peralatan tersebut di dapur, anda dapat memanfaatkan sebagai alat untuk membuat opak singkong juga.

4. Analisis SWOT

Strenght (Kelebihan) : Bahan untuk membuat opak singkong juga mudah didapat.

Weaknes (Kelemahan) : Opak Singkong sangat membutuhkan sinar matahari untuk proses pengeringan. Maka, jika pada musim hujan proses pengeringan memerlukan waktu yang cukup lama. Jika menggunakan oven biaya variabel akan meningkatkan.

Opportunity (Peluang) : Inovasi produk yang semakin banyak yang menyukai opak singkong untuk itu dapat dengan mudah mencari konsumen.

Threat (ancaman) : Bahan baku yang semakin mahal. Juga semakin banyak pelaku usaha yang juga memiliki usaha opak singkong dengan harga yang lebih murah.

5. Resep membuat opak Singkong

Bahan :

– Singkong sebanyak 1 kg, lalu kupas dan parut

– Bawang merah sebanyak 4 siung

– Ketumbar sebanyak 3 sendok teh

– Bawang putih sebanyak 5 siung

– Garam dan gula pasir secukupnya

– Lada bubuk sebanyak 1 sendok teh

– Daun sledri sebanyak 3 tangkai, lalu potong cincang

Cara membuat :

Siapkan bumbu halus berupa bawang putih, bawang merah, garam juga ketumbar. Lalu jika sudah masukan semua bumbu halus tadi kedalam wadah masukan juga singkon yang sudah diparut, lada bubuk, gula pasir dan juga daun sledri.aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Jika sudah rata, ambil adonan opak singkong sekepal tangan setelah itu buat adonan menjadi tipis dengan alat penulis atau juga dapat menggunakan botol. Setelah itu, siapkan panci dan panaskan air sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukan adonan yang sudah di pipihkan tadi ke dalam tutup panci, pastikan agar adonan opak singkong benar-benar menempel pada tutup panci. Diamkan hingga beberapa menit lalu ambil adonan opak singkong tadi. Setelah dikukus jemur opak Singkong pada sinar matahari langsung sampai opak benar-benar kering. Jika sudah, goreng opak singkong dengan minyak panas.

 

You May Also Like

About the Author: pejuangreceh

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *