Peluang Usaha Minyak Goreng Tradisional

Peluang Usaha Minyak Goreng Tradisional apakah saat ini masih laku? karena sudah banyak minyak goreng kemasan yang lebih menarik perhatian konsumen. Untuk mengetahui perkembangan usaha ini apakah berpeluang bagus atau tidak untuk dijalanka, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Peluang Usaha Minyak Goreng Tradisional
sumber : kontan.co.id

1. Rincian modal awal

NoModal awalBiaya
1.Mesin parut kelapaRp 1.500.000
2.Kompor gasRp 250.000
3.Gas LPGRp 150.000
4.Mesin press santanRp 15.000.000
Total biaya modal awalRp 16.900.000
NoBiaya lain- lain perbulanBiaya
1.KelapaRp 5.500.000
2.Penyusutan peralatanRp 450.000
3.Listrik dan airRp 200.000
4.Gas LPGRp 500.000
5.Plastik pengemasRp 500.000
Total biaya yang dikeluarkan perbulanRp 7.150.000

2. Perhitungan Keuntungan

Jika kita asumsikan untuk setiap harinya usaha minyak goreng tradisional menjual hingga 50 liter dengan harga perliternya adalah Rp 12.500 maka 1 hari anda dapat mengumpulkan hingga Rp 625.000.

Lalu jika dihitung 1 bulan jumlah omset yang anda dapatkan dengan cara dihitung Rp 625.000 x 30 hari maka dapat mencapai Rp 18.750.000 . Maka jika ingin mengetahui keuntungan usaha minyak goreng tradisional anda maka dapat dilihat total penghasilan yang anda keluarkan adalah Rp 18.750.000 dikurangi dengan total biaya yang anda keluarkan perbulannya mencapai Rp 7.150.000 jadi keuntungan anda mencapai Rp 11.600.000.

3. Tips Menghemat Modal Usaha

Untuk menghemat modal usaha pada awal memulai bisnis ini, silahkan simak tips berikut ini :

  1. Riset bahan baku

Untuk membuat minyak goreng tradisional tentu saja membutuhkan bahan baku berupa kepala. Namun sebelum anda memulai bisnis minyak goreng tradisional pastikan jika di lingkungan anda tersebut kelapa sangat mudah di temukan, tidak hanya musiman. Untuk tips bahan baku agar mengemat modal usaha anda adalah anda perlu mengajak para penjual kelapa di daerah anda untuk menjadi suplayer usaha minyak goreng tradisional anda, Karena selain anda tidak khawatir akan kehabisan bahan baku juga biasnya jika membeli pada penjual kelapa langsung harganya akan lebih murah.

  1. Memiliki pengetahuan dalam cara pembuatan minyak goreng tradisional

Agar modal awal anda berhasil digunakan sesuai dengan semestinya anda harus mengerti akan pembuatan minyak goreng tradisional terlebih dahulu sebelum memulai usaha minyak goreng tradisional ini, karena jika tidak modal anda bisa saja jadi hanya digunakan untuk uji coba daja. Untuk itu, jika anda belum dapat mengetahui bagaimana cara membuat minyak goreng tradisional dapat bertanya kepasa pengusaha minyak goreng tradisional lain yang lebih berpengalaman dari anda, anda juga dapat belajar mengenai pengetahuan dibidang minyak kelapa dengan buku ataupun internet.

  1. Mesin minyak goreng kelapa

Karena dalam usaha minyak goreng tradisional membutuhkan beberapa mesin pembuat minyak goreng tradisional, untuk itu mesin minyak goreng tradisional termasuk hal penting dalam modal awal dari usaha anda. Namun jika anda ingin menghemat modal usaha, anda dapat membeli mesin manual terlebih dahulu. Nanti seiring perkembangan usaha anda lebih majau, anda mulai dapat membeli mesin otomatis. Selain itu tips membeli mesin adalah beli mesin pembuatan minyak goreng tradisional dengan kualitas yang bagus, walaupun harganya sedikit lebih mahal namun biasanya mesin tersebut lebih awat, hal ini dapat menghemat anda hingga di masa depan.

5. Analisis SWOT

Streght (kekuatan) : Keuntungan yang dihasilkan usaha ini cukup banyak.

Weakness (kelemahan) : Bahan bagi yang tiba-tiba susah dicari, dan juga teknologi yang belum canggih.

Opportunity (peluang) : Banyak masyarakat yang berjualan makanan, membutuhkan minyak goreng tradisional untuk menggoreng makan mereka.

Treath (ancaman) : Makin banyak usaha minyak goreng kemasan yang sudah bersertifikat juga.

You May Also Like

About the Author: mastercuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *