Peluang usaha jasa rental ac

Sekarang AC atau kepanjangan dari Air Conditioner buka lagi barang yang mewah, hal ini dibuktikan dengan sudah banyak orang yang menggunakan barang ini pada acara penting seperti acara pameran, acara pernikahan, atau acara lain yang berada di dalam ruangan karena biasanya agar orang di dalam ruangan tersebut tidak kegerahan. AC ini sendiri sudah memiliki banyak jenis salah satu yang sering kita lihat pada beberapa acara penting tersebut adalah AC portabel yang bisa di bawa, bisanya diletakan di sudut ruangan . Melihat peluang semakin banyak acara indoor yang membutuhkan AC maka pelaku usaha mulai memanfaatkan keadaan tersebut untuk membuat usaha rental.

Peluang usaha jasa rental ac
sumber : sekawanteknik-ac.blogspot.com

Rincian modal awal usaha

Jika anda sebagai pemula di bidang usaha rental AC tentu saja anda membutuhkan gambaran mengenai apa saja modal dan biaya operasional yang harus anda keluarkan untuk usaha rental AC, berikut adalah contoh rincian modal awal dan juga harganya

NoBiaya untuk membeli keperluan untuk modal awal Harga
1Membeli AC sebanyak 4 unit dengan harga satuannya Rp 7.000.000Rp 28.000.000
2Biaya untuk membeli tranportasiRp 30.000.000
3EtalaseRp 1.800.000
Total ModalRp 59.800.000

 

NoBiaya operasional untuk dikeluarkan per bulan usahaHarga
1Sewa tempat untuk meletakan AC andaRp 600.000
2Biaya promosi dan biaya listrikRp 300.000
3Lain lainRp 200.000
Total biaya yang harus anda keluarkan per bulanRp 1.100.000

Menghitung keuntungan

Untuk anda yang ingin mengetahui seberapa banyak keuntungan yang akan anda peroleh dari usaha rental AC terlebih dahulu anda harus mengetahui berapa banyak pendapatan yang anda dapatkan per bulan. Jika kita asumsikan dalam satu bulan anda berhasil mendapatkan konsumen sebanyak 15 kali dengan tarif Rp 1.000.000 persewa. Karena sekali sewa mendapatkan 2 unit AC . Maka Rp 1.000.000 x 15 kali = Rp 15.000.000 . Ma jika kita hitung keuntungan dengan cara pendapatan yang anda miliki sebanyak Rp 15.000.000 dikurangi biaya yang harus anda keluarkan per bulan sebanyak Rp 1.100.000 = Rp 13.900.000.

Analisa SWOT

  • Strength (kekuatan) : Memiliki AC dengan kualitas bagus dan dinginnya sesuai dengan kebutuhkan pelanggan.
  • Weakness (Kelemahan) : Tidak setiap hari ada yang menyewa AC . Biasanya musiman seperti musim hajatan atau musim kelulusan sekolah.
  • Opportunity (peluang) : Masyarakat sekitar lebih memilih menyewa AC karena harganya yang terjangkau dari pada harus membeli alat tersebut banyak yang memerlukan AC pada acara indoor seperti acara pameran, acara pernikahan atau acara plain agar orang yang berada didalam tidak kegerahan.
  • Threats (ancaman) : Pesaing di bidang rental AC semakin banyak setiap tahunnya.

Persiapan awal dan cara untuk menghemat modal awal usaha

  1. Modal awal : Semakin banyak modal awal atau barang inventasi yang dimiliki maka peluang untuk mendapatkan keuntungan banyak semakin besar. Maka dari itu agar anda ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan anda perlu memiliki lebih dari 1 unit AC .Namun jika anda ingin menghemat modal awal anda dapat membeli AC sesuai dengan isi kantong yang anda miliki.
  2. Tempat : Karena usaha anda di bidang rental atau penyewaan barang maka AC yang anda miliki tentunya lebih dari 1 maka dari itu anda memerlukan tempat selai sebagai kantor usaha rental AC namun juga dapat sebagai tempat penyimpanan AC yang anda miliki. Namu jika anda ingin menghemat modal awal usaha rental AC anda dapat menyiasati agar lebih menghemat biaya dengan menggunakan rumah anda sebagai tempat usaha rental AC . Karena selain anda tidak perlu pusing memikirkan tempat untuk usaha anda juga tidak memikirkan biaya untuk sewa tempat dan juga biaya listrik.
  3. Perlengkapan usaha rental AC : Untuk membawa AC ketempat dimana pelanggan minta tentu hal ini perlu membutuhkan kendaraan untuk membawanya hal tersebut karena AC yang berat sehingga tidak mungkin jika anda membawa sendiri AC ke tempat tujuan. Namun untuk menghemat modal awal anda tidak perlu membeli kendaraan roda 4 untuk transportasi, anda dapat mengatasi dengan menggunakan sepeda motor jika anda tidak kerepotan selain itu anda dapat merental mobil pengankut barang pada jasa rental mobil.

You May Also Like

About the Author: mastercuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *