Peluang Usaha Butik Busana Muslim dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Busana Muslim akan sangat menjanjikan beberapa tahun kedepan. Karena jika kita lihat dan analisa, perubahan gaya hidup dan perkembangan jaman membuat banyak wanita menggunakan hijab sudah mulai dari bangku sekolah dan kuliah. Jadi ini adalah peluang bagus bagi yang ingin berjualan busana muslim tahun ini.

Peluang Usaha Busana Muslim
sumber : pinkkorset.com

1. Cara awal dalam Usaha Busana Muslim yang Menguntungkan

Untuk lebih jelas dan juga lengkap berikut ini beberapa cara untuk membuka usaha baju muslim untuk para pemula, antara lain:

– Riset pasar

Dengan melakukan suatu riset terhadap pasar terlebih dahulu adalah suatu langkah utama yang tidak boleh untuk diabaikan. Anda harus menentukan terlebih dahulu siapa saja yang akan menjadi target pemasaran dari produk fashion Anda, apakah produk itu nantinya akan dijual kembali untuk pria atau juga wanita, usia muda atau bahkan tua, golongan ekonomi yang atas atau bawah, kelas pekerja atau juga pegawai serta mahasiswa, dan banyak lainnya.

Riset pasar sangatlah penting karna dengan melakukannya nanti Anda  akan mendapatkan sebuah data yaitu berupa angka yang menjelaskan suatu potensi pasar untuk suatu produk fashion yang akan dijual nanti. Selain itu Anda juga akan mendapatkan tingkat persaingan suatu jenis produk dengan produk yang lainnya yang sudah terlebih dahulu beredar.

– Tentukan Harga Produk Busana Muslimnya

Karena Anda baru saja memulai usaha busana muslim, maka jangan langsung untuk memberikan harga yang mahal. Jualah dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya, biaya produksi dan untung yang dikurangi. Tujuannya agar barang yang telah diproduksi bisa lebih dikenal oleh banyak orang terlebih dahulu. Apabila sudah banyak pelanggannya dan banyak orang yang menyukai produk yang dijual, maka barulah boleh menaikkan harganya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar secara bertahap.

– Lokasi pemasaran Busana Muslim Anda

Sebelum Anda membuka suatu usaha baju muslim, Anda bisa memilih lokasi yang akan dijadikan outlet Anda. Pilihlah sebuah lokasi yang sering dikunjungi oleh banyak orang, mudah dijangkau, dan juga strategis.

Lokasi yang strategis ini bisa saja dekat dengan pasar, ditempat perbelanjaan umum, dan juga lokasi yang sering dilalui oleh banyak orang. Jika Anda memilih rumah sebagai sebuah lokasi penjualan baju muslim tersebut, hal ini bisa-bisa saja tetapi asalkan rumah Anda dekat dan juga mudah dilihat oleh banyak orang. Jika rumah Anda  jauh dari jangkauan banyak orang, maka Anda dapat melakukan promosi lainnya yang bisa untuk membantu penjualan Anda.

– Promosikan Bisnis Busana Anda

Untuk mempromosikan suatu bisnis Anda dalam hal penjualan via online, maka Anda dapat saja membuat suatuiklan singkat di suatu media sosial pribadi Anda, atau mungkin juga yang berbayar. dan ada baiknya Anda membuat suatu brosur agar dapat disebarkan di lingkungan sekitar Anda yaitu bisa saja di rumah, kampus, atau mungkin juga tempat lainnya.

2. Perincian Modal Awal Usaha

Buka usaha di rumah yaitu dengan pemasaran secara online maupun offline

Modal awal
Laptop dan juga modem
Hanger, alat display, manekin
Stock produk (@ Rp75.000,- x 100 pcs)
Total
Rp5.000.000,-
Rp1.500.000,-
Rp7.500.000,-
Rp14.000.000,-
Peralatan yang mengalami penyusutan setelah masa pemakaian :
Laptop dan modem selama 5 tahun pemakaian (60 bulan) :
1/60 x Rp 5.000.000,- :Hanger, manekin, pemakaian 3 th (36 bulan) :
1/36 x Rp 1.500.000,- :
Total penyusutan
Rp 83.300,-

Rp 41.700,-
Rp 125.000,-

Biaya operasional
Persediaan stok baju muslim :
@ Rp 75.000,- x 5 kodi (100 pcs)
Kantong kemasan (plastik dan juga goody bag)
Biaya sewa kios (Rp 7.500.000,- : 12)
Biaya listrik
Biaya telepon dan modem
Biaya transportasi
Biaya penyusutan alat
Rp 7.500.000,-
Rp 500.000,-
Rp 625.000,-
Rp 150.000,-
Rp 200.000,-
Rp 100.000,-
Rp 125.000,-
Rp 250.000,-
TotalRp9.200.000,-

Omset perbulan :
Harga jual satu setel baju muslim anak-anak : Rp 90.000,-
Penjualan : 5 pcs x Rp 90.000,- x 30 hari :Rp 13.500.000,-

3. Perhitungan Keuntungan bersih perbulannya
Rp 13.500.000,- – Rp 9.200.000,- : Rp  4.300.000,-

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan) = 3,3 bulan

4. Tips untuk menghemat modal usaha

Untuk menghemat modal awal usaha ini, Anda harus menghemat dengan tidak membeli laptop baru, gunakan yang sudah Anda miliki biasa saja komputer atau laptop lama Anda. Tidak perlu menyewa kios pada awalnya bisa berjualan di rumah. Jadi semua hal ini dapat menghemat pengeluaran modal pada awal membuka bisnis busana muslim.

5. Analisa SWOT

Strength (kekuatan) : Harga lebih murah, kualitas bahan yang bagus dan nyaman dipakai, model terbaru dan kekinian, menyediakan semua ukuran.

Weakness (kelemahan) : Tidak semua barang yang dijual bisa laku dikarenakan model dan warna baju yang dijual jarang disukai pembeli.

Opportunity (peluang) : Peluang usaha ini sangat bagus, karena tingkat kebutuhan pakaian muslim bertambah. Karena sekarang banyak wanita telah menggunakan hijab.

Treath (ancaman) : Banyak orang berlomba-lomba berjualan baju muslim dan bisa saling bersaing di harga dan kualitas.

 

You May Also Like

About the Author: pejuangreceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *