Mengajukan Modal Usaha di Bank Syariah Tanpa Riba Banyak Pilihannya

Siapapun yang ingin memulai bisnis atau usaha pasti membutuhkan modal. Tanpa modal usaha atau bisnis tidak bisa berjalan lancar. Modal usaha tentunya harus sebanding dengan jenis usaha yang hendak dirintis. Semakin besar usaha tentu modal yang dibutuhkan juga semakin banyak. Untuk memperoleh modal usaha banyak yang mencari pinjaman ke bank atau koperasi. Tapi tak sedikit pula yang lebih memilih mengajukan modal usaha di bank syariah tanpa riba.

arahkita.com

Sebenarnya mencari modal itu tidaklah sulit, karena saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh modal usaha yang lebih kreatif tanpa lewat bank. Memang bank adalah tempat mencari modal yang cepat dan mudah. Tetapi banyak orang yang takut mengajukan pinjaman ke bank karena riba yang ditawarkan tinggi. Untuk itu, mereka lebih memilih mengajukan modal usaha di bank syariah tanpa riba yang lebih baik.

Pilihan Modal Usaha di Bank Syariah Tanpa Riba

Anda tentu ingin tahu apa saja jenis pinjaman bank syariah yang bisa anda pilih dan tentu saja yang bebas riba? Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa pilihan modal usaha di bank syariah yang bisa membantu pendanaan bisnis anda.

KTA Syariah

Kredit Tanpa Agunan berbasis syariah merupakan produk perbankan yang mirip dengan pinjaman tanpa agunan. Atau jaminan yang menerapkan sistem syariah misalnya KTA BRI syariah atau KTA Mandiri syariah. Meskipun pinjaman ini merupakan kredit tanpa agunan atau tanpa jaminan. Namun KTA syariah menawarkan plafon pinjaman yang cukup tinggi yakni sampai dengan batas diatas 100 juta rupiah dengan tenor tertentu.

Pada KTA konvensional, maka nasabah dibebaskan untuk menggunakan dana pinjaman yang didapatkan. Tetapi lain halnya dengan KTA syariah, KTA syariah akan mewajibkan nasabah untuk membuat surat pernyataan tentang tujuan pemakaian dana pinjaman. Hal ini bertujuan untuk memastikan supaya dana yang dipakai untuk keperluan tidak melanggar syariat agama Islam.

BPRS Al Salaam

Ini adalah lembaga keuangan berbasis syariah yang dibentuk oleh alumni Institut Teknologi Bandung. BPR Assalam sudah transformasi, mulanya ini adalah perbankan konvensional. Tetapi sejak tahun 2006 sudah bertransformasi menjadi lembaga keuangan yang berbasis syariah. Pembiayaan syariah modal usaha merupakan salah satu produk dari BPRS Assalam yang bisa menyalurkan pinjaman modal kerja dengan plafon maksimal hingga 1,5 miliar.

Salah satu keunggulan saat anda mengajukan modal pada Assalam adalah sesuai kaidah syariah. Tanpa adanya riba, tidak fluktuatif atau angsuran tetap selama waktu pembayaran. Pembayaran angsuran dapat dilakukan via transfer dari bank lain. Nasabah dapat memperoleh aneka promo sesuai periode yang berlaku.

BNI Syariah Usaha Kecil

Pembiayaan syariah yang diberikan oleh BNI Syariah untuk usaha kecil adalah sebagai modal atau investasi untuk pengusaha kecil dengan menerapkan prinsip syariah. Keuntungan saat anda memilih meminjam modal usaha dari BNI Syariah ini adalah persyaratannya sangat mudah dan sesuai prinsip syariah. Memiliki jangka waktu pembiayaan sampai dengan 7 tahun. Plafon pembiayaan hingga 10 miliar dan pembayaran angsuran dapat dilakukan di semua kantor cabang BNI Syariah atau konvensional.

Jika anda ingin mengajukan pinjaman modal usaha di bank BNI Syariah. Maka anda harus memenuhi persyaratan seperti mempunyai legalitas usaha yang lengkap sesuai bidang usaha yang anda jalankan. Melampirkan NPWP, SPT tahunan pph dan laporan keuangan. Memiliki pengalaman dalam bidang usaha minimal 2 tahun, melampirkan fotokopi rekening bank 6 bulan terakhir, tidak termasuk dalam daftar hitam bank Indonesia dan tidak tercatat sebagai nasabah dari pembiayaan macet. Memiliki bukti kepemilikan agunan yang sah dan masih berlaku hingga saat ini.

Pinjaman BCA Syariah Untuk Modal Kerja

Pinjaman BCA Syariah adalah produk pembiayaan yang banyak dipilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Khususnya untuk modal usaha, BCA Syariah menawarkan produk pinjaman modal usaha yang bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh korporasi saja. Tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh umkm dengan prinsip syariah.

Pembiayaan modal kerja merupakan pembiayaan yang berdasarkan pada prinsip syariah untuk membantu para nasabah memenuhi kebutuhan modal. Seperti penyediaan bahan baku, barang dagangan dan kebutuhan kerja yang lain. Sistem modal kerja dari BCA Syariah iB terbagi menjadi tiga jenis akad. Yaitu murabahah, mudharabah dan musyarakah.

Jika anda ingin melakukan mengajukan pembiayaan modal kerja iB di BCA syariah. Maka persyaratan yang harus dilengkapi seperti fotokopi KTP pemohon, fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP suami istri, fotokopi akta nikah atau cerai, fotocopy NPWP. Dilengkapi pula dengan keterangan penghasilan anda selama 1 bulan terakhir. Fotokopi rekening koran berupa tabungan 3 bulan terakhir. Data objek pembiayaan dan surat keterangan kerja asli.

Dengan melengkapi berbagai macam persyaratan tersebut, anda sudah bisa mengajukan modal usaha di bank syariah tanpa riba. Ada banyak pilihan bank syariah yang bisa anda jadikan sebagai tempat dimana anda mendapatkan pinjaman modal usaha. Yang pasti anda akan terbebas dari riba dan mendapatkan modal usaha untuk menjalankan bisnis anda agar semakin berkembang dan sukses kedepannya.

You May Also Like

About the Author: pejuangreceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *