7 Tempat Wisata di Pidie Aceh yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Tempat Wisata di Pidie Aceh – Aceh menjadi  salah satu tempat wisata dalam negeri yang sering sekali menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan, baik  wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Meski Aceh pernah dihantam gelombang tsunami beberapa tahun silam, namun Warga Aceh kembali bangkit untuk menata kembali tata kota nya dan kehidupan di dalamnya. Salah satu wisata di Aceh yang terkenal adalah tempat Wisata di Pidie.

Lokasi Wisata di Pidie Jaya yang Wajib anda kunjungi

Bila berbicara tempat wisata di Pidie Aceh maka anda wajib untuk mengunjungi beberapa spot wisata di Pidie Jaya, disana anda akan menemui banyak tempat yang akan membuat anda akan berdecak kagum. Nah anda yang ingin berkunjung ke Tempat wisata di aceh Pidie Jaya ini cobalah ke tempat – tempat berikut ini :

1. Pantai Kuthang

tempat wisata di pidie Pantai Khutang

Tempat wisata di Pidie Aceh  yang banyak dikunjungi adalah salah satunya Pantai Kuthang. Di Pantai ini Siapa pun yang datang ke pantai ini diharuskan untuk mengikuti aturannya, karena aturan di pantai ini sangatlah Islami.  Jadi jika anda kesini jangan heran jika sampai ada yang kena razia karena dianggap melanggar aturan Islaminya.

Ombak di pantai ini pun terbilang tenang, sehingga aman bagi anda yang ingin berenang. Di tempat ini juga  tersedia pula berbagai macam warung makan bagi yang ingin kulineran.

Jika anda tertarik ke Pantai ini pantai ini terletak di jalan Banda Aceh Medan Trieng Gadeng. Untuk fasilitasnya sendiri pantai Khutang ini menyediakan beberapa cafe mini plus tempat duduk yang memang dibangun khusus untuk view laut.

Cafe di sana menyediakan aneka kuliner dan minuman segar, ada lincah, kelapa muda dan juice lainnya. Pantai ini dibuka setiap Hari Senin hingga Minggu. Untuk masuk ke Pantai ini tidak Perlu membayar alias gratis yang penting anda ikuti peraturan yang telah dibuat

2. Air Terjun Tangse

wisata foto selfie di pidie air terjun tangse

Ketika anda jalan – jalan berwisata di Pidie Aceh Jaya dan hendak melewati jalan Beureuneun-Geumpang, tidak ada salahnya jika anda berhenti sejenak di Air Terjun Tangse. Sebab, di air terjun satu ini sangat unik karena keberadaannya yang pas di tepi jalan.

Aliran air terjunnya juga cukup deras, dan mengalir hingga ke sungai di seberang jalan. Jadi tidak heran jika banyak pengendara yang menyempatkan mampir sejenak di wisata satu ini. Namun, karena memang letaknya yang berada di kawasan umum, wisata ini tidak diberi fasilitas apapun.

Baca juga :

23 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Jadi Target Liburan Anda

Jadi jika anda ingin ke Mushola atau toilet anda harus pergi sendiri mencari di sekitaran jalan, akan tetapi meski begitu masih ada fasilitas seperti warung-warung cukup banyak berjejer sehingga anda tidak akan kelaparan. Untuk lokasi tepatnya Air Terjun Tangse ini ada di Gampoeng Meuriya, Tangse, Kabupaten Pidie, dan dan jika anda kesini jangan khawatir karena untuk kemari anda tidak perlu membayar tiket alias gratis.

3. Air Panas Bungga

wisata Panas Bungga pidie jaya aceh

Bagi anda yang suka berendam di air panas anda pasti akan senang, karena Kabupaten Pidie juga memiliki wisata air panas yang cukup populer, nama sumber air panasnya adalah adalah Air Panas Beungga.

Spot Selfie :

5 Tempat Wisata di Labuhanbatu Selatan, Nomor Satu Paling Ramai Pengunjung

Bisa dikatakan, jika air panas ini seperti oase di tengah dinginnya suhu sekitar. Sebab, air panas Beungga ini terletak di Kaki Gunung Bukit Barisan yang mana memiliki udara cukup dingin.

Para Warga menduga jika kolam air panas tersebut berasal dari Pegunungan Bukit Seribu. Sebab, di sekitar Air Panas Beungga juga ada terdapat kolam-kolam lain. Suasana alamnya sendiri juga masih sangat asri, cocok untuk menemani anda berendam. Untuk lokasi tempat Air Panas Beungga ini terletak di Dusun Blang, Desa Jijiem, Kemala, Pidie, Aceh.

4. Air Terjun Alue Putek

Air Terjun Alue Putek

Pesona keindahan alam Kabupaten Pidie nyatanya memang masih banyak sekali yang belum tersentuh. Tahukah anda jika di balik deretan pegunungan, yang terlindungi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan lebatnya hutan belantara tersimpan potensi wisata yang masih terjaga secara alami. Salah satunya adalah Air Terjun Alue Putek yang keindahannya sangat layak untuk anda lihat.

Rekomendasi :

6 Tempat Wisata di Simeulue yang Menarik untuk Dikunjungi

Air Terjun Alue putek ini memiliki ketinggian hingga 7 meter dengan Air yang mengalir jernih. Jika anda berminat untuk kesini Lokasi Air Terjun ini terletak di Desa Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Akan tetapi jika anda ke tempat ini anda harus membawa bekal sendiri karena bisa dibilang fasilitas di sekitaran Air terjun ini belum memadai. Dan untuk berkunjung ke Air terjun ini anda tidak perlu merogoh kantong anda karena masuk kesini adalah gratis.

5. Museum Tsunami kota Sigli

Museum Tsunami kota Sigli

Seperti yang kita semua sudah tahu sebelumnya jika Sigli adalah salah satu kawasan yang parah terkena dampak tsunami Aceh 2004 silam. Dan inilah mengapa, selain di Banda Aceh, museum peringatan peristiwa menggemparkan tersebut juga dibangun di Sigli.

Lokasi museum ini ada di Kuala Pidie, Kecamatan Sigli, Pidie, Aceh. Dekat dengan Pendopo Wakil Bupati Kota Sigli. Di museum ini, nantinya anda dapat melihat gambaran seperti apa aceh sewaktu terkena tsunami. Juga nama-nama korban pun terpanjang jelas di sudut tembok berwarna hitam.

Baca juga :

8 Tempat Wisata di Gayo Lues, Negeri Seribu Bukit nan Berbaris Rapi

Untuk fasilitasnya sendiri Museum Tsunami Sigli memiliki fasilitas umum yang lengkap seperti toilet dan mushola. Terlebih, lokasinya pun dekat pantai sehingga anda dapat sekalian jalan-jalan ke pantai usai dari museum sigli ini.

6. Waduk Rajui Padang Tiji

Waduk Rajui Padang Tiji

Tempat wisata di Pidie selanjutnya adalah sebuah bendungan untuk pengairan yang memang kerap berubah menjadi tempat wisata. Waduk Rajui Tiji ini terletak di Kaki Lembah Sulawah, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Aceh. Waduk ini mengairi lahan pertanian milik masyarakat di Kecamatan Bate, Delima, Grong-Grong, Laweung, dan tentunya pasti di Kecamatan Padang Tiji.

Bendungan yang sudah dibangun sejak 2013 lalu ini, kerap didatangi oleh warga pada sore hari untuk menikmati pemandangan, serta udara yang sejuk dan tenangnya air waduk. Bahkan banyak juga para pedagang yang kerap berjualan di sekitaran waduk.

Wajib dikunjungi :

19 Tempat Wisata di Bireun Terlengkap dan Terupdate

Namun, apabila anda berniat ingin ke waduk ini, anda tidak akan menjumpai fasilitas umum seperti toilet dan mushola. Hal tersebut menjadikan anda dan para pelancong lainnya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati keindahan Waduk Rajui Padang Tiji ini.

7. Masjid Po Teumeureuhom

Masjid Po Teumeureuhom pidie jaya

Tidak hanya wisata alam saja tempat Wisata di Pidie Aceh Jaya ini juga Ada  tempat wisata Keagamaan, jadi bagi anda yang ingin melakukan wisata religi sekaligus bersejarah, sangat direkomendasikan untuk anda mengunjungi Masjid Po Teumeureuhom.

Masjid ini didirikan pada masa Sultan Iskandar Muda masih berjaya. Awalnya Mesjid ini dibuat dari kayu rumbia, dindingnya pun dibuat dari campuran batu dan kapur saja. Kemudian mengalami pembongkaran dan dibuat yang lebih bagus lagi.

Akan tetapi yang paling menarik dari Bangunan masjid ini adalah adanya barang peninggalan Sultan Iskandar muda, peninggalannya yaitu mimbar masjid dan tongkat sepanjang 1.2 meter. Jadi jika anda penasaran, datang saja ke Kecamatan Kota Sigli, Pidie  lalu berkendara 4km ke barat. Untuk masuk ke Masjid Ini anda Tidak perlu mengeluarkan biaya karena gratis.

Nah itu dia beberapa Tempat Wisata di Pidie Aceh jaya yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke Pidie Aceh dengan biaya Terjangkau.

You May Also Like

About the Author: mastercuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *