30 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Jadi Target Liburan Anda

Tempat wisata di banda aceh dan hotel murah – Banda Aceh merupakan ibukota dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam dimana sebagai pintu gerbang menuju daratan Sumatera disisi utara.

Tempat Wisata di Banda Aceh

Kota dengan julukan Serambi Mekkah ini selain menawarkan wisata sejarah, juga memiliki alam yang membentang yang memukau. Terdapat banyak Tempat Wisata di Banda Aceh  yang dapat Anda kunjungi, mulai dari wisata sejarah hingga wisata bahari dengan berbagai pilihan paket tour wisata.

Wisata Museum Bersejarah

1. Museum Tsunami Banda Aceh

Museum Tsunami kota Sigli

Sebagai bentuk peringatan, di Banda Aceh terdapat museum Tsunami guna mengingatkan pengunjung mengenai bencana alam tersebut. Tempat Wisata di Banda Aceh ini memiliki keunikan yang tampak pada konsep dan bangunannya.

Keunikan gaya arsitektur tersebut dapat dilihat dari perpaduan konsep modern dan klasik. Konsep klasik diadopsi dari bangunan khas nusantara, yaitu bangunan panggung. Sedangkan, konsep modern diambil dari bentuk bangunan melengkung yang terinspirasi dari lengkungan ombak khas bencana Tsunami, yakni ombak berputar.

Museum ini berlokasi di Banda Aceh, tepatnya di jalan Sultan Iskandar Muda No 3, Sukaramai. Tarif masuk pun cukup terjangkau, hanya sepuluh ribu rupiah per orang dan pengunjung dapat berkeliling melihat diaroma maupun benda-benda yang berhubungan dengan Tsunami Aceh.

Untuk fasilitas, museum ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti, tempat parkir, toilet, dan berbagai pilihan jajanan serta wisata kuliner khas aceh bisa didapatkan disini.

2. Taman Sari Gunongan dan Pintu Khob

Tempat Wisata di Banda Aceh Taman Sari Gunongan dan Pintu Khob

Taman Sari Gunongan menjadi bukti cinta kasih dari Sultan Iskandar Muda kepada Putri Kamaliah yang berasal dari Pahang, Malaysia. Tempat ini dibangun guna mengobati rindu Putri Kamaliah terhadap kampung halamannya yang memiliki bentuk bangunan menyerupai gunung. Sedangkan pintu Khob merupakan penghubung yang digunakan para dayang untuk mencapai lokasi pemandian pada jaman dahulu.

Tempat ini merupakan tempat khusus bagi Putri Kamaliah untuk menyepi dan menuntaskan rasa rindu pada halaman kampungnya. Bangunan ini berbentuk menyerupai perbukitan di Negeri Pahang. Bangunan Gunongan terdiri dari tiga tingkat dengan warna putih. Pada bagian belakang taman, terdapat bangunan persegi yang disebut Kandang yang merupakan makam Sultan Iskandar Thani. Pada bagian depan, terdapat penterena batu yang menjadi tempat penobatan Sultan Aceh.

Baca juga :

7 Tempat Wisata di Pidie Aceh yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Wisata budaya ini berada di jalan Teuku Umar 1, Kelurahan Sukaramai, Baiturahman, Banda Aceh. Taman Sari Gunongan dan Pintu Khob memiliki tempat yang cukup sepi sehingga cocok untuk mengenal sejarah lebih mendalam.

3. Wisata Taman Bustanussalatin

Tempat Wisata di Banda Aceh Taman Bustanussalatin

Untuk mencapai Taman Bustanussalatin cukup, mudah, lokasi taman ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Masjid Raya Baiturrahman dan berhadapan langsung dengan Balai Kota Banda Aceh, tepatnya di jalan Teuku Abu Lam U, Kampung Baru, Baiturrahman, Banda Aceh.

Sebelumnya, Taman Bustanussalatin dikenal dengan nama taman Gharian dan berganti menjadi Taman Sari. Akan tetapi, setelah dibangun sebuah bangunan dengan arsitektur yang menawan dan tulisan yang tertera diatasnya, masyarakat tertarik menyebut Taman Sari sebagai Taman Bustanussalatin.

Artikel Pilihan :

6 Tempat Wisata di Lhokseumawe yang Paling Nge-hits

Taman ini meyediakan tempat duduk untuk bersantai serta untuk naik keatas bangunan disedikan beberapa alternatif tangga. Dibagian atas bangunan, pengunjung dapat melihat Masjid Raya Baiturrahman dan pemandangan tiang-tiang warna-warni bekas hotel Aceh yang letaknya tidak jauh dari area Masjid.

4. Monumen Replika Pesawat Dacota DC-3 Seulawah RI-001

Monumen Replika Pesawat Dacota DC-3 Seulawah RI-001

Objek wisata Monumen Seulawah ini mengingatkan pengunjung betapa besar kekuatan bangsa Indonesia untuk melawan Penjajahan Belanda. Pesawat jenis Dakota ini memiliki panjang sekitar 19,66 meter dengan rentang sayap mencapai 28,96 meter. Bahkan, pesawat Dacota mampu menggandeng dua mesin berbobot 8,030 kg dan mampu mengudara dengan kecepatan maksimum 346 KM per jam.

Areal seluas 8 hektar ini disulap menjadi ruang hijau yang menyimpan sejarah. Pada monumen ini, pengunjung akan menemui prasasti ucapan terimakasih untuk negara-negara yang sudah membantu Aceh dalam recovery pasca Tsunami 2004. Monumen pesawat Dacota RI-001 Seulawah terletak di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Wisata Edukasi Saat Liburan

5. Berkeliling ke Museum Aceh

Tempat Wisata di Banda Aceh Museum Aceh

Destinasi Wisata di Banda Aceh bernuansa kebudayaan, salah satunya adalah Museum Aceh. Bahkan, museum ini dibangun sejak pemerintahan Hindia Belanda yang diresmikan oleh Jenderal H.N.A Swart pada tahun 1915. Museum ini berisi koleksi barang-barang pribadi milik Friedrich Wilhelm Stammeshaus dimana menjabat sebagai Kepala dan Kurator Museum Aceh.

Sebagai museum sejarah dan kebudayaan, museum ini terdiri dari berbagai benda tradisional Aceh, diantaranya senjata rencong hingga meriam kuno. Selain itu, terdapat lonceng yang berusia 1400 tahun, yakni Lonceng Cakra Donya.

Pengunjung dapat berkunjung ke museum Aceh di jalan Sultan Mahmudsyah No 10, Peunitu, Baiturrahman, Banda Aceh. Untuk menikwati destinasi sejarah dan budaya, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar tiga ribu rupiah. Lokasi wisata museum aceh cocok untuk liburan edukasi anak.

6. Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin

Taman Ratu Safiatuddin merupakan Tempat Wisata di Banda Aceh yang menawarkan berbagai jenis rumah adat dari kabupaten atau kota yang ada di Provinsi Aceh. Terdapat sekitar 23 rumah adat tradisional Aceh yang dapat ditemui pengunjung di taman Ratu Safiatun. Bahkan, tempat ini sering dijadikan tempat diadakannya berbagai festival seni seperti seni pertunjukan.

Tempat Menarik :

6 Tempat Wisata di Simeulue yang Menarik untuk Dikunjungi

Taman Ratu Safiatuddin berlokasi di jalan T. Nyak Arief, Desa Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Lokasi taman ini juga dekat dengan Masjid Agung Al-Makmur dan kantor Gubernur Aceh. Lokasi taman ratu terdapat banyak pilihan tarif hotel wisata di banda aceh yang murah mulai dari 100 ribu.

Taman ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti toilet umum, tempat sampah, tempat parkir, dan tempat beribadah. Para pengunjung juga tidak akan kesulitan untuk mencari kuliner disekitar Taman Ratu Safiatuddin.

7. PLTD Apung 1

PLTD Apung 1

Jejak bencana Tsunami pada tahun 2004 masih dapat dilihat dengan jelas melalui beberapa monumen di kota Banda Aceh. Salah satunya adalah monumen PLTD Apung 1, kapal apung PLTD dengan berat 2,600 ton ini terbawa ombak tsunami dari wilayah perairan Ulee Lheue sejauh 5 KM menuju pusat kota Banda Aceh.

Di area sekitar PLTD Apung 1 dijadikan sebagai sarana wisata edukasi. Disekitar monumen, terdapat relik yang menyerupai gelombang dan pengunjung dapat naik keatas kapal untuk melihat serangkaian pegunungan Bukit barisan yang mempesona.

PILIHAN EDITOR :

8. Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo merupakan kapal nelayan yang digunakan masyarakat Lampulo untuk melaut. Namun, peristiwa pada tahun 2004 membuat kapal ini terdampar tidak jauh dari pelabuhan perikanan sekitar 1 KM dari dermaga, tepatnya berada di jalan Tanjung, Kampung Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Dengan keunikan dan menjadi Tempat Wisata di Banda Aceh, maka dibangun sebuah penyangga yang terbuat dari besi untuk menahan kapal agar tetap pada posisinya. Bahkan, dibagian atas kapal memiliki atap. Dari lokasi ini dekat dengan tempat wisata di sabang banda aceh.

Wisata Lainnya :

8 Tempat Wisata di Gayo Lues, Negeri Seribu Bukit nan Berbaris Rapi

Selain itu, dibangun toilet umum yang dapat digunakan secara gratis untuk pengunjung dan menyediakan lahan parkir yang cukup luas dan nyaman. Disekitar tempat wisata, terdapat beberapa kios-kios yang menjual aksesoris sebagai oleh-oleh untuk pengunjung.

Destinasi Wisata Pantai Aceh

9. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue

Berbeda dengan Pantai di Banda Aceh lainnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantai Ulee Lheue memiliki gelombang yang cukup tenang. Hal ini disebabkan adanya tanggul dari tumpukan batu yang menjadi pemecah ombak. Pada sisi pantai, pengunjung dapat menikmati hamparan pasir kehitaman yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, pengunjung dapat menyusuri pantai dengan menggunakan wahana bebek yang disewakan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai Ulee Lheue adalah saat matahari mulai bersahabat.

Fasiltas yang disediakan cukup lengkap, seperti toilet, masjid, dan tempat parkir yang terletak di bahu jalan. Jika ingin bermalam, terdapat beberapa Hotel di Banda Aceh yang dekat disekitar pantai. Lokasi pantai ini berada di Desa Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh. Untuk menikmati pantai ini, pengunjung tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis.

10. Wisata Pantai Alue Naga

Pantai Alue Naga

Secara geografis, Tempat Wisata di Banda Aceh ini berada di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Untuk menikmati keindahan pantai Alue Naga, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 KM dari pusat kota Banda Aceh atau dengan waktu perjalanan selama 30 menit.

Dalam perjalanan menuju pantai Alue Naga, Wisatawan akan menikmati dua sisi berbeda dari pantai Alue Naga, pada sisi pertama akan menyajikan hamparan pasir pantai yang luas. Sedangkan, pada sisi lainnya terdapat tanggul yang dibuat dari tumpukan batu untuk memecah gelombang ombak.

Spot Selfie :

19 Tempat Spot Selfie di Bireun

Fenomena sunset saat sore hari merupakan daya tarik tersendiri, sebab jarak pandang yang cukup jauh ke arahbarat dan deretan pepohonan mangrove menghiasi pesisir pantai menjadi penyempurna proses matahari tenggelam di pantai Alue Naga.

Saat ini belum dikenakan tarif masuk wisata pantai Alue Naga, jadi fasilitas yang tersediapun ala kadarnya, Meskipun demikian, pegunjung masih mendapatkan fasilitas tempat parkir yang cukup luas dan tempat beribadah. Jika pengunjung ingin pergi ke toilet umum, dapat memanfaatkan di warungatau cafe disekitar lokasi pantai Alue Naga.

11. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Salah satu Tempat Rekreasi di Banda Aceh yang terletak di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah menawarkan wisata spot foto, wisata alam, hingga menawarkan wisata yang memiliki sejuta pesona. Danau Laut Tawa memiliki luas sekitar 5.400 hektar, sehingga tampak seperti laut. Pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan kegiatan bercocok tanam, memancing, dan berkebun.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti mengelilingi danau menggunakan perahu nelayan. Meskipun, masih tergolong sepi namun Danau Laut Tawar dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya toilet umum, tempat ibadah, area parkir, hingga warung berjajar ditepi jalan menyajikan aneka makanan dan minuman lokal.

Wisata Religi di Aceh

12. Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu Tempat Wisata di Banda Aceh bernuansa religi, yakni Masjid Baiturrahman ini memiliki sejarah panjang. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Konstruksi bangunan Masjid Raya Baiturrahman beralas tanah keras dengan tiang kayu dan beratap rumbia. Selain itu, pundah berundak atau kubahnya memiliki tujuh lapis. Pada masanya, masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh sempat difungsikan sebagai lembaga pendidikan.

Masjid Raya Baiturrahman pernah direalisasi dan diperluas, bahkan Masjid ini menjadi saksi atas tragedi besar yang menimpa Aceh pada tahun 2004. Masjid Raya Baiturrahman masih tetap kokoh saat dilanda Tsunami Aceh, hanua saja bagian menara depan sempat miring dan diperbaiki kembali. Hingga kini Masjid Raya Baiturrahman semakin indah dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga :

10 Tempat Wisata di Nagan Raya Terpopuler

Tempat wisata religi dititik nol Aceh memiliki luas sekitar 3,3 hektar dan mampu menampung sekitar 10 ribu hingga 13 ribu jemaah didalamnya. Semantara, jika menggunakan halaman Masjid dapat menampung sekitar 30 ribu jemaah. Bagi para pengunjung, biasanya akan menghabiskan waktu dengan cara mempelajari sejarah Masjid Raya Baiturrahman dan menikmati keindahan bangunan Masjid serta mengambil foto Masjid.

13. Simpang Mesra

tempat foto selfi simpang mesra

Sebuah tugu di Simpang Mesra, tepatnya berada di kota Banda Aceh. Tugu ini bernama tugu Tentara Pelajar yang dibangun untuk mengingatkan generasi muda tentang para pelajar Aceh dalam masa perjuangan melawan penjajah. Pada puncak tugu, terdapat lambang pena sebagai pesan agar generasi muda untuk giat menambah ilmu.

Lokasi ini disebut Simpang Mesra dengan alasan putarannya terlalu melengkung, sehingga pengendara motor yang melewati jalan tersebut, maka orangyang dibonceng akan bersandar atau berpegangan erat pada pengemudi sepeda motor.

14. Taman Hutan Kota Banda Aceh

Taman Hutan Kota Banda Aceh

Taman BNI atau taman hutan kota Banda Aceh ini terletak di Desa Tibang, Kecamatan Syiah Kuala, tidak jauh dari Simpang Mesra menuju arah Krueng Raya. Meskipun tergolong Tempat Wisata di Banda Aceh terbaru, namun taman ini mengusung konsep panorama aliran sungan dengan nuansa tenang dan nyaman untuk melepas penat.

Taman Hutan Kota Banda Aceh ditanami berbagai tanaman herbal, seperti bawang, selada, kacang, dan lain-lain. Selain itu, setiap taman diberikan simbol informasi berupa nama tanaman, sehingga orang tua yang membawa anak-anak dapat memberikan pendidikan secara langsung.

15. Makam Raja Aceh

wisata makam raja aceh

Dalam kompleks Museum Aceh, terdapat makam raja-raja Aceh keturunan Bugis. Makam ini dijadikan sebagai situs Cagar Budaya oleh pemerintah, bahkan pengelolaan makam tersebut dibawah tanggungjawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikelola Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh Wilayah Kerja Provinsi Aceh dan Sumatera.

Terdapat empat nama raja Aceh keturunan Bugis yang diabadikan dalam prasasti, yaitu Sultan Alauddin Ahmad Syah, Sultan Alauddin Johan Syah, Sultan Muhammad Daud Syah,dan Pocut Muhammad. Tempat Wisata di Banda Aceh bertema sejarah dan kebudayaan ini berada di jalan Sultan Mahmudsyah No 10, Peuniti, Baiturrahman, kota Banda Aceh atau sekitar 2,1 KM dari Masjid Raya Baiturrahman.

Museum ini memiliki jam operasional setiap hari dari jam 08.30 hingga jam 16.00. Setiap hari, museum makam Raja Aceh dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Didalam komplek, terdapat kantin untuk pengunjung yang ingin bersantai dan terdapat mushola rumah kayu serta tempat wudhu berbentuk panggung hingga fasilitas toilet umum.

16. Makam Syiah Kuala

Makam Syiah Kuala banda aceh

Makam Syiah Kuala adalah salah satu makam Ulama yang terletak di Gampong, tepatnya di Deah Raya yang berdampingan dengan Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, kota Banda Aceh. Makam Syiah Kuala terletak dipinggir laut, untuk mencapai lokasi ini ditempuh jarak sekitar 8 KM dari pusat kota Banda Aceh.

Dalam sejarahnya, Syiah Kuala merupakan seorang Ulama Besar yang ahli tentang Hukum pada masa kesultanan Iskandar Muda. Makam Syiah Kuala dilindungi UPT Pusat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kantor Balai Pelestarian Cagar Busaya Aceh.

Makam Syiah Kuala merupakan salah satu Tempat Wisata di Banda Aceh yang cukup ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah, terutama pada hari kamis untuk berziarah dengan menyembelih kambing.

Tempat Wisata Bersejarah

17. Kerkhoff Peucut

wisata pekuburan belanda Kerkhoff Peucut

Kerkhoof Peucut merupakan area pemakaman di Banda Aceh yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Mayoritas kuburan di pemakaman ini merupakan milik dari tentara Belanda yang tewas saat berperang melawan rakyat Aceh. Tercatat, lebih dari 2.200 serdadu belanda dikebumikan ditempat ini. Bahkan, terdapat kuburan tentara Jepang dan tentara pribumi yang tergabung dalam pasukan marsose serta KNIL.

Saat tiba diarea pemakaman, pengunjung disambut dengan pintu gerbang dengan ketinggian 4 meter bergaya Belanda. Pada pintu gerbang, dicat warna kuning dan cokelat tua dimana secara lengkap tertulis nama-nama yang dikebumikandi Kerkhoof Peucut yang diurutkan berdasarkan tahun kematian dan sesuai abjad.

Fasilitas yang disediakan tergolong cukup memadai, diantaranya tempat parkir yang luas yang terletak tidak jauh dari pintu gerbang makam serta beberapa restoran dan cafe disekitar area pemakaman.

18. Benteng Indra Patra

wisata Benteng Indra Patra

Aceh memiliki beberapa peninggalan kerajaan Hindu Budha, salah satu tempat wisata di dekat Banda Aceh adalah Benteng Indra Patra, tepatnya berada di dekat Pantai Ujong Batee, jalan Krueng Jaya, Desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Dengan segala cerita dan pesona, Benteng Indra Patra ini sebagai salah satu Tempat Wisata di Banda Aceh yang menarik.

Pasalnya, Benteng Indra Patra berada pada posisi yang cukup strategis dimana berhadapan langsung dengan selat Malaka, sehingga berfungsi sebagai benteng pertahanan dari serangan penjajah pada jamannya. Benteng ini memiliki ukuran besar dan terbuat dari susunan batu gunung dengan tebal 2 meter.

Saat ini, Benteng Indra Patra dikelola pemerintah dan pernah dilakukan beberapa pemugaran, terutama seusai peristiwa Tsunami Aceh 2004. Sayangnya, beberapa bagian mengalami kerusakan termakan usia dan beberapa bagian lainnya masih terlihat utuh dan kokoh.

19. Tebing Lamreh

wisata Tebing Lamreh`

Salah satu tempat wisata yang tidak jauh dari Banda Aceh, yaitu Tebing Lamreh. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai alam liar, Tebing Lamreh berlokasi di Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Anjungan batu karang yang cukup terjal dan tinggi serta menjorok ke laut menjadi daya tarik Tebing Lamreh. Dari Bukit Lamreh, pengunjung dapat menikmati pemandangan pulau Weh dari kejauhan. Tebing Lamreh memiliki daya tarik yang mempesona, sehingga tidak jarang tempat ini sering dijadikan foto pra wedding.

Namun, fasilitas di tempat ini masih minim, bahkan untuk fasilitas toilet umum belum tersedia. Tebing Lamreh dapat dijangkau dari Kota Banda Aceh sekitar 1 jam perjalanan. Untuk menikmati pemandangan Tebing Lamreh, pengunjung cukup mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah.

20. Bukit Lhok Eumpe

wisata Bukit Lhok Eumpe

 

Bukit Lhok Eumpe terletak dipinggiran Kota Banda Aceh yang menawarkan keindahan. Tempat Wisata di Banda Aceh ini tepatnya berada di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar dengan jarak tempuh sekitar 10 KM atau 10 hingga 15 menit dari Banda Aceh.

Untuk mencapai bukit, pengunjung dapat menanyakan pada warga sekitar untuk menemani ke Bukit Lhok Eumpe. Pengunjung akan melewati akses jalan yang cukup baik dan tidak terlalu terjal dengan waktu kurang lebih 15 menit untuk mencapai puncak bukit. Diatas bukit, pengunjung akan disuguhkan padang savana dan pemandangan bukit barisan.

21. Pantai Lhoknga

wisata Pantai Lhoknga

 

Salah satu Tempat Wisata di Banda Aceh yang wajib dikunjungi, pantai Lhoknga berjarak sekitar 20 KM dari kota Banda Aceh memiliki pasir yang putih dan pantai yang biru mampu memikat pengunjung yang datang. Dengan jarak yang cukup jauh dari pusat perkotaan, pantai ini cukup sepi kecuali pada akhir pekan.

Pantai Lhoknga akan memberikan kesenganan bagi pengunjung yang datang, sebab hanya terdapat bebatuan, pasir,dan air laut yang jernih sehingga pengunjung dapat melihat keasrian alam.

22. Pantai Lampuk

foto lokasi wisata Pantai Lampuk

Lokasi pantai Lampuk, tepat berada di kawasan barat Aceh sekitar 15 KM dari Banda Aceh. Kondisi jalan menuju pantai cukup baik sehingga memudahkan para pengunjung meskipun belum ada transportasi umum menuju ke pantai Lampuk. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 5 KM dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut berwarna biru kehijauan.

Tarif tiket masuk pantai Lampuk ini cukup membayar 3 ribu rupiah dan belum termasuk tarif parkir kendaraan. Terdapat empat jalur masuk yang dapat dilalui pengunjung, diantaranya jalur Babah Satu, jalur Babah Dua, jalur Babah Tiga, dan jalur Babah Empat.

Biasanya para pengunjung lokal memasuki pantai melalui jalur Babah Satu dan jalur Babah Dua. Sementara, pengunjung asing biasanya melalui jalur Babah Tiga, sebab langsung mencari lokasi surfing.

23. Pantai Lhok Mee

gambar selfie Pantai Lhok Mee

Salah satu pantai yang memiliki pesona menawan di dekat Banda Aceh, pantai Lhok Mee tepatnya terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Pantai Lhok Mee menjadi Tempat Wisata di Banda Aceh yang sangat fotogenik, sebab sering dijadikan tempat foto pra wedding.

Pantai Lhok Mee berjarak 2 KM dari pelabuhan Malahayati atau 40 KM dari kota Banda Aceh. Dipantai ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan pohon yang tumbuh berjejer didalam permukaan laut yang dikenal sebagai pohon Geurumbang.

Pohon tersebut tumbuh dengan ketinggian 1 hingga 2 meter, bahkan pengunjung dapat menaiki pohon Geurumbung untuk memancing dari atas pohon. Karakteristik pantai Lhok Mee memiliki hamparan pasir putih yang halus dengan mengikuti garis lurus pantai.

You May Also Like

About the Author: mastercuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *