12 Tips Memulai Bisnis Sewa Mobil Pasti Untung

Pernahkah Anda berencana untuk memulai bisnis sewa mobil? Bisnis ini memang sangat menguntungkan dan mudah dijalankan. Sayangnya, tidak seperti bisnis lainnya, industri bisnis penyewaan mobil sedikit kompetitif karena banyaknya pesaing yang terus bermunculan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada jalan.

Hampir setiap bisnis memiliki risiko, demikian juga dengan bisnis rental mobil. Resiko yang paling sederhana adalah kalah bersaing, namun yang lebih parah lagi hingga kehilangan mobil yang Anda sewakan, untuk itu Anda harus tau bagaimana memulai dan mengelo jenis bisni ini agar terus berkembang dan menguntungkan.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Sewa Mobil

Sebelum menyewakan mobil pertama Anda, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut agar lebih menguntungkan.

  1. Analisa Pasar di Sekitar Target Anda

Pergi dan periksa area di mana Anda ingin memulai bisnis penyewaan mobil Anda. Misalnya ingin buka jasa sewa mobil Surabaya atau sekitarnya, maka sebaiknya Anda harus mencari tahu jenis kendaraan yang diinginkan orang dan bagaimana Anda akan menyediakannya.

Temui pemilik usaha rental yang ada di sekitar kota Surabaya atau dimanapun rencana Anda membuka jasa sewa mobil. Ajukan pertanyaan yang membingungkan Anda tentang layanan sewa mobil. Pastikan Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut saat mencoba melakukan analisa pasar.

  • Apakah ada cukup permintaan untuk mobil?
  • Berapa banyak pesaing yang akan Anda miliki setelah berada dalam bisnis ini?
  • Jenis mobil apa yang disewakan dengan baik di daerah Anda? Apakah orang lebih suka mobil mewah?
  • Lokasi apa yang cenderung berhasil dengan baik di ceruk bisnis penyewaan mobil?
  1. Tentukan Jenis Kontrak Bisnis Sewa yang Ingin Anda Mulai.

Setelah menganalisa target pasar, selanjutnya Anda bisa menentukan tentang jenis kontrak sewa mobil berdasarkan durasi waktu sewa.

Sewa Mobil Mingguan / Bulanan: Pelanggan menyewa kendaraan Anda untuk jangka waktu yang relatif lebih lama, misalnya saja sewa mobil mingguan atau bulanan. Anda harus menentukan apa saja persyaratan maupun pricelist untuk kontrak sewa mobil ini.

Sewa Mobil  Harian: Pelanggan menyewa mobil Anda dengan durasi waktu harian atau per 24 jam. Disini Anda dapat menentukan bagaimana konsekuensi jika pelanggan terlambat mengembalikan mobil yang disewa (over time), kerusakan mobil dan hal-hal lainnya.

Sewa Mobil Per Jam: Pelanggan dapat menyewa mobil dengan durasi waktu perjam. Misalnya per 6 jam, 12 jam atau lainnya. Terntukan pricelist maupun persyaratan untuk jenis sewa mobil ini.

bisnis sewa mobil memilih nama brand
Memilih nama usaha atau Brand
  1. Pilih Nama Brand untuk Bisnis Sewa Mobil Anda

Apakah Anda telah memiliki nama bisnis layanan sewa mobil yang akan Anda jalanan? Mungkin sudah membuat daftar nama favorit Anda. Jika tidak, sebaiknya perhatikan dan mulailah untuk mencari nama bisnis yang tepat untuk usaha rental mobil nantinya.

Baca juga :

Analisa Usaha Bisnis Sewa Mobil

Nama bisnis yang bagus menarik dan memberikan ide tentang layanan bisnis sewa mobil dapat membantu Anda membangun (branding) dari waktu ke waktu. Ini penting adalah hal penting agar nantinya nama bisnis rental mobil Anda lebih mudah dikenal masyarakat.

  1. Pilih Lokasi Kantor Anda

Pastikan tempat atau kantor rental mobil terletak di tempat yang strategis, terlihat dengan jelas, lokasi yang aman, dan mudah diakses.

Tempat-tempat di dekat hotel, stasiun kereta api, kawasan wisata, dan bandara terkenal karena memberikan dorongan bagi bisnis penyewaan mobil.

Jika Anda memulai bisnis penyewaan mobil di dekat perusahaan lain, Anda harus membuat sesuatu yang berbeda dari pesaing Anda. Misalnya, jika mereka memiliki kendaraan transportasi normal, Anda harus mempertimbangkan untuk memulai bisnis penyewaan mobil mewah.

Jika Anda memulai sewa mobil kecil dengan dua atau tiga mobil saja, Anda bisa mulai dari rumah. Namun, ia memiliki banyak kelemahan, termasuk perubahan lokasi nanti ketika Anda memperluas bisnis Anda dan kesulitan dalam memasarkan dan mengarahkan pelanggan ke rumah Anda.

Artikel Pilihan :

Tips Rental Mobil Pick Up, untuk Jasa Angkut

Selalu berusaha mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan. Misalnya, jika Anda memulai bisnis penyewaan mobil di kawasan wisata, Anda harus mulai menyewakan mobil mewah karena pelanggan akan lebih menyukai mereka dalam wisata.

  1. Dapatkan Izin Usaha (SIUP)

Ajukan surat ijin usaha untuk mendapatkan izin usaha resmi dari dinas terkait. Lisensi / SIUP merupakan dokumen penting yang menjelaskan bisnis Anda.

Saat pengajuan ini, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan mendasar tentang bisnis rental mobil yang Anda miliki seperti Nama bisnis Anda, Layanan yang ditawarkan bisnis Anda, Jumlah pekerja yang ingin Anda pekerjakan dll.

Baca juga :

Proposal Usaha Rental Mobil Paling Laris di Daerah

Setelah mendapatkan SIUP atau surat ujin usaha, bisnis rental mobil yang Anda miliki akan lebih terpercaya dan tentu saja kredibilitasnya semakin meningkat. Hal ini dapat mempermudah jika Anda ingin bekerja sama dengan perusahaan lain. Misalnya bekerja sama dengan hotel, pengelola tempat wisata atau yang lainnya.

  1. Beli Beberapa Jenis Mobil

Anda harus membeli beberapa mobil. Anda tidak perlu membeli semua mobil sekaligus. MIsalnya untuk permulaan 4 hingga 5 mobil sudah cukup untuk memulai bisnis. Pastikan Anda menyimpan berbagai jenis mobil:

Dari total 5 mobil, 1 atau 2 mobil usahakan tergolong mobil mewah. Mobil yang terawat dengan baik akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Jika mengalami keterbatasan modal, Anda bisa beli mobil bekas dengan kondisi yang masih bagus. Namun harus bersama tim atau orang yang mengerti soal mobil bekas agar tidak tertipu.

usaha rental mobil tipe jenis mobil untuk disewakan
Jenis-jenis mobil rental
  1. Asuransikan Bisnis & Mobil Anda

Asuransi untuk bisnis dan kendaraan Anda adalah salah satu persyaratan hukum untuk memulai bisnis penyediaan mobil.

Asuransi kecelakaan Anda. Berkonsultasilah dengan pihak asuransi dan mintalah dia untuk membuat polis asuransi yang baik untuk asuransi bisnis Anda sepenuhnya.

  1. Kembangkan Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah dokumen yang menjelaskan bagaimana bisnis jasa sewa mobil Anda akan beroperasi secara terperinci (SOP). Mungkin memiliki rencana terpisah yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Masukkan topik-topik berikut dalam rencana bisnis penyewaan mobil Anda:

Tips Variasi dan Aksesoris untuk Mobil yang di Sewakan

  • Persyaratan pendanaan minimal dan sumber untuk mendapatkannya.
  • Strategi untuk menghadirkan pelanggan baru dan tetap.
  • Mengelola dan memelihara armada mobil.
  • Mengelola operasi sehari-hari.

Membuat rencana bisnis bermanfaat karena tidak hanya membantu Anda mengidentifikasi kelemahan Anda, tetapi juga membantu Anda memfokuskan kembali pada tujuan bisnis Anda. Pastikan Anda:

  • Tulis tujuan spesifik dalam rencana Anda
  • Lihat rencana Anda lebih sering saat menjalankan bisnis sewa mobil yang Anda jalankan.
  • Ubah rencana dan tambahkan tujuan & strategi baru dari waktu ke waktu.
  1. Rekrut Karyawan Berpengalaman

Bergantung pada seberapa besar Anda memulai bisnis penyewaan, Anda perlu merekrut beberapa karyawan jika usaha rental mobil dalam sekala besar. Beberapa tim yang mungkin Anda butuhkan dalam menjalan kan bisnis sewa mobil menguntungkan misalnya :

Jasa Rental Motor di Tempat Wisata Paling Menguntungkan

Manajer layanan penyewaan: Manajer mengontrol dan menangani bisnis Anda selama Anda tidak ada.

Mekanik: Mekanik menjaga armada mobil Anda tetap beroperasi dengan memperbaiki masalah pada mobil yang direntalkan.

  1. Tentukan Harga Sewa Mobil

Ada sejumlah faktor yang perlu Anda perhitungkan saat menetapkan harga sewa mobil. Beberapa faktor yang dimaksud diantaranya :

  • Waktu pemesanan
  • Area Sewa mobil
  • Total waktu sebelum mobil akan kembali
  • Apakah sudah termasuk driver atau sistem lepas kunci
  • Jenis kendaraan
  • Apakah includ BBM atau tidak.

Untuk mendapatkan ide harga sewa mobil dengan mudah, Anda bisa memeriksa harga pesaing di sekitar wilayah operasional bisnis Anda.

  1. Buat Syarat dan Ketentuan Sewa Mobil

Kontrak sewa atau perjanjian dengan pelanggan sangat penting. Ini membantu Anda menghindari masalah pertanggungjawaban yang mungkin timbul jika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Butuh Modal Usaha?

Mengajukan Modal Usaha di Bank Syariah Tanpa Riba Banyak Pilihannya

Kontrak ini harus menjelaskan insiden berbeda yang disayangkan yang mungkin ditemui pelanggan, di mana tanggung jawab penuh akan berada pada mereka. Ini sebenarnya mengikat secara hukum.

Syarat dan ketentuan sewa mobil harus diberlakukan kepada setiap pelanggan dan harus ditanda tangani. Jangan serahkan mobil Anda kepada siapa pun yang belum menandatangani perjanjian dengan Anda.

Lebih baik untuk mendapatkan bantuan pengacara dalam menuliskan kontrak yang efektif. Ini akan memastikan perlindungan jangka panjang untuk bisnis Anda.

  1. Menyiapkan Situs Web untuk Bisnis Anda

Sebuah situs web atau website adalah suatu keharusan bagi bisnis penyewaan mobil Anda jika Anda ingin mendapatkan pelanggan dari mesin pencari/internet. Ribuan orang mencari istilah seperti “rental mobil di dekat saya” atau “layanan penyewaan mobil terbaik” di google.

Banyak calon pelanggan yang mencari jasa sewa mobil melalui internet. Pastikan Anda juga mengatur sistem pemesanan online di situs web bisnis rental mobil Anda. Hal ini agar mempermudah calon pelanggan dalam melakukan pemesanan rental mobil.

Nah demikian seputar 12 Tips dan Cara Memulai Bisnis Sewa Mobil Menguntungkan yang dapat kami bagikan. Semoga dapat menjadi bahan referensi untuk Anda yang berencana untuk membuka usaha Rental Mobil bersama ttcvc.com. Semoga bermanfaat25